Pengertian Feature

Pengertian Feature
Feature (baca: ficer) adalah karya jurnalistik perpaduan berita dan opini, mengandung human interest, dan bergaya penulisan sastra.

Secara bahasa, feature artinya adalah ciri, keistimewaan, sifat, corak, segi, artikel, film utama, karangan; menonjolkan, mengutamakan, membayangkan.

Kamus Google mengartikan feature sebagai "a newspaper or magazine article or a broadcast program devoted to the treatment of a particular topic, typically at length."

Pengertian Feature

Feature adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. (LeSPI, 1999-2000).

Penulisan feature tidak terikat oleh unsur berita 5W + 1H dan tidak terikat waktu. Unsur yang dikedepankan dalam feature adalah Why dan How.

Feature sesungguhnya sebuah “cerita”, tapi bukan cerita fiksi, melainkan mengenai fakta. A feature is a story about facts, not about fiction. 

Penulisan feature seperti cerita pendek atau novel, namun informasi atau kisahnya bersifat faktual, nyata terjadi, bukan fiksi atau khayalan sebagaimana cerpen/novel

Unsur Feature

Dari pengertian feature di atas, ada empat unsur dalam sebuah tulisan feature:

1. Fakta (berita)
2. Opini (pendapat atau perspektif penulis)
3. Human Interest, hal yang menggugah emosi manusia (menyedihkan, menjengkelkan, lucu).
4. Sastra, yakni gaya penulisan sastra, khususnya Cerpen, Novel, bahkan Puisi dalam hal pemilihan kata berona, kata-kata yang indah, atau kata-kata yang menggugah.

Tulisan feature yang paling populer adalah kisah nyata, kisah perjalanan, tips, dan biografi.

Feature sering dipahami sebagai jenis berita lunak (softnews), yaitu berita ringan yang sifatnya menghibur atau menggugah emosi pembaca.

Hal terpenting dalam menulis feature adalah pemilihan kata-kata (diksi) yang lebih berona (colorful words), sebagaimana karya sastra yang biasa menggunakan kata atau kalimat indah dan menggungah.

Fungsi Feature

  1. Melengkapi sajian berita langsung (straight news)
  2. Memberikan informasi terhadap suatu situasi, keadaan, peristiwa, yang terjadi
  3. Menghibur dan mengembangkan imajinasi pembaca.

Karakteristik Feature 

  1. Kreatif. Feature memungkinkan penulis menciptakan sebuah cerita (dengan teknik berkisah).
  2. Subjektif. Memungkinkan penulis memasukan emosi dan pikirannya dalam tulisan, penulis bisa mengungkapkan rasa haru, gembira, marah, yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang ingin disampaikan oleh penulis.
  3. Informatif. Feature tetap menyajikan informasi berdasarkan dengan fakta.
  4. Menghibur. Feature memberikan keleluasaan kepada penulis dalam menulis informasi, namun tetap berdasarkan data/fakta.
  5. Awet. Feature merupakan jenis soft news yang tidak akan pernah basi karena tidak memiliki tenggat waktu dalam penulisannya. Feature selalu menarik untuk dibaca.

Jenis Feature
Terdapat enam jenis feature menurut Wolseley dan Campball

  1. Feature Human Interest. Menyentuh hati pembacanya.
  2. Feature Biografi. Menceritakan tentang profil seseorang.
  3. Feature Perjalanan. Catatan perjalanan atau kunjungan ke suatu tempat. 
  4. Feature Sejarah. Tulisan berisi kisah peristiwa di masa lalu.
  5. Feature Ilmiah. Sifatnya serius dan kurang menghibur, biasanya berisi penemuan baru, analisis atau kajian tentang suatu hal.
  6. Tips. Feature petunjuk praktis. Berisi panduan atau tutorial dalam melakukan sebuatu, tips kesehatan atau tips menghilangkan virus.


Jenis Feature Lainnya

  • Personality Sketches. Ditulis untuk melengkapi berita utama (hardnews), berisi perkenalan seorang public figure yang mampu mencuri perhatian publik.
  • Reaction Sidebars. Reaksi pembaca terhadap ucapan pajabat negara atau terhadap suatu peristiwa, atau tanggapan terhadap pendapat seorang ahli.
  • Empathy Sidebars. Jenis feature yang melukiskan pengaruh dari sebuah berita utama (hardnews) yang dipaparkan dalam bentuk feature human interest.
  • The Mood Sidebars. Jenis feature yang mengungkapkan suasana hati (mood) dengan menonjolkan orang yang terlibat di dalamnya, serta tanda-tanda yang jarang terlihat namun lazim (hasil observasi penulis).


Panjang Naskah Feature
Belum ada ketentuan mengenai panjang-pendeknya sebuah feature. Terpenting, informasi disampaikan secara lengkap.

Ciri Khas 
Ciri khas tulisan feature adalah mengandung unsur sastra, yakni ditulis dengan cara atau gaya menulis fiksi, yang berkisah atau bercerita (story telling, tell a true story).

Karenanya, tulisan feature mirip dengan sebuah cerpen atau novel-bacaan ringan dan menyenangkan-namun tetap informatif dan faktual.

Teras Feature (Lead)

Kunci utama naskah feature adalah alinea pertama atau bagian awal tulisan yang disebut teras (lead), antara lain:

  • Teras Ringkasan (Summary Lead) -- meringkas inti cerita
  • Teras Deskriptif -- menceritakan gambaran dalam pembaca tentang suatu tokoh atau suatu kejadian. 
  • Lead Kutipan -- mengutip pendapat, ungkapan, pepatah, atau ucapan paling menarik
  • Teras Pertanyaan
  • Dll.
Demikian ulasan ringkas tentang pengertian feature dan jenis-jenisnya. Dihimpun dari berbagai sumber. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Feature
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, April 07, 2013

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Subscribe via Email
Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Creating Website
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network