Teknik Reportase Peliputan Berita

pers
Teknik Reportase adalah cara atau metode peliputan berita.

Reportase artinya pemberitaan atau pelaporan. Dari kata "report" yang artinya "melaporkan" atau "memberitakan".

Reportase merupakan tugas utama wartawan, jurnalis, insan pers, atau awak media.

Mirriam Webster Dictionary mengartikan reportase (reportage) sebagai "the act or process of reporting news" (aksi atau proses pemberitaan) dan "something (as news) that is reported" (sesuatu yang dilaporkan".

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan reportase sebagai "pemberitaan", "pelaporan, dan "laporan kejadian (berdasarkan pengamatan atau sumber tulisan).

Dalam konteks jurnalistik, reportase adalah proses pengumpulan data untuk menyusun berita. Reportase bisa dikatakan merupakan proses jurnalistik terpenting karena dari proses inilah terkumpul bahan-bahan atau informasi untuk diberitakan.

Teknik Reportase

Teknik Reportase meliputi tiga hal:
  1. Observasi, yaitu wartawan langsung datang ke lokasi kejadian, mengamati, dan mengumpulkan data/fata kejadian tersebut.
  2. Wawancara, yaitu wartawan bertanya untuk menggali informasi atau keterangan kepada narasumber --pengamat, pelaku, saksi, korban, dan siapa pun yang memiliki informasi.
  3. Riset data/Studi Literatur/Riset Dokumentasi, yaitu wartawan membuka-buka arsip, buku, atau referensi terkait dengan berita yang akan ditulisnya.
Contoh Reportase
Wartawan datang ke lokasi seminar. Di sana ia mengamati jalannya acara, jumlah hadirin, materi pembicaraan, mengambil makalah (jika ada), mengambil foto/memotret (jika tidak ada fotografer), lalu wawancara panitia, narasumber, dan peserta.

Pengumpulan data untuk naskah berita meliputi 5W+1H:
  1. What (kejadian/acara apa)
  2. Who (siapa yang mengadakan, menghadiri, dan mengisi)
  3. When (kapan/waktu)
  4. Where (tempat atau lokasi kejadian)
  5. Why (tujuan acara, latar belakang)
  6. How (bagaimana jalannya acara). 
Demikian ulasan ringkas tentang Teknik Reportase - Peliputan Berita yang dikutip dari buku Jurnalistik Terapan karya ASM Romli -- Penerbit BATIC Press. (http://www.komunikasipraktis.com).*
 

» Thanks for reading: Teknik Reportase Peliputan Berita
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, April 15, 2013

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email