Merencanakan Program Radio

Merencanakan Program Radio
Merencanakan program siaran radio (radio programming) adalah pekerjaan menata atau mengatur elemen seperti acara radio sedemikian rupa guna mendapatkan dan mengembangkan pendengar.

Programming merupakan faktor paling penting yang menentukan kesuksesan suatu radio.

Program radio yang baik dan menarik akan mendatangkan banyak pendengar. Jumlah pendengar tersebut akan membuat para pengiklan yang akan memasukan iklan yang akan mendatangkan pendapatan dan keuntungan bagi stasiun radio tersebut.

Merencanakan program radio bagian dari dasar-dasar siaran radio (basic announcing) yang harus dipahami programmer dan penyiar.

Posting di bawah ini dikutip dari Internews Indonesia (tampaknya lembaga ini sudah tidak aktif lagi) tentang "Merencanakan Program Radio".

Menurut Internews Indonesia, Konsep dari satu "program" lebih ditujukan untuk penyiar daripada pendengar. Pendengar utamanya hanya mendengarkan radio. Tidak seperti TV, pendengar radio biasanya tidak mendengarkan program khusus, mereka hanya sekedar menyalakan radio.

Dalam merencanakan program, Anda harus memikirkan :
  1. Pendengar Anda dan apa minatnya
  2. Asosiasi media Anda dan tujuannya
  3. Minat, sumber dan kemampuan diri Anda sendiri
  4. Keinginan Anda
  5. Apa yang diinginkan pendengar anda?
  6. Siapa pendengar anda?
  7. Bagaimana Anda mengetahui apa yang diinginkan oleh pendengar Anda?

Dengan banyak biaya, Anda dapat melakukan penelitian, tetapi ada jalan yang lebih mudah yang dapat dikerjakan hampir setiap harinya. Bicaralah pada para pendengar, orang-orang yang telepon ke stasiun Anda, keluarga, dan teman-teman. Tanyakanlah apa yang mereka ingin dengarkan.

BERBAGAI JENIS / GAYA PROGRAM RADIO
Ada banyak jenis program radio sebanyak radio yang mengudara. Tidak ada formula khusus yang dapat membuat program radio sempurna karena itu tergantung dari banyak hal, antara lain:
  1. Pendengar/lingkungan Anda?
  2. Dana?
  3. Jenis musik, wawancara, informasi, langkah dan gaya yang Anda inginkan?
  4. Apa yang akan anda lakukan dengan siaran Anda?
  5. Apa yang diinginkan dari asosiasi media Anda dengan siaran Anda?
Dari paparan singkat di atas dapat disimbulkan, merencanakan program radio (radio programming) memerlukan wawasan dan riset tentang kebutuhan pendengar, disesuaikan dengan visi-misi radio serta sumber daya dan sumber dana. 

Hal terpenting dalam program radio adalah keinginan dan kebutuhan (wants and needs) pendengar. Kita harus "mengkompromikan" hal itu dengan format radio kita. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Merencanakan Program Radio
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, October 02, 2013

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email