Inilah Cara Menulis dan Mengucapkan Wi-Fi yang Benar!

Inilah Cara Menulis dan Mengucapkan Wi-Fi yang Benar!
Penulisan Wi-Fi yang benar adalah Wi-Fi. Pengucapan yang benar "Wai-Fai". Wi-Fi adalah merek dagang (brand), BUKAN singkatan dari Wireless Fidelity.

Demikian kesimpulan "riset online" alias Googling admin Komunikasi Praktis seputar Wi-Fi, istilah yang tidak asing bagi user internet dan netizen. Istilah ini populer seiring penamuan dan perkembangan teknologi koneksi internet nirkabel (wireless) --menggunakan gelombang radio.

Banyak orang yang menuliskan kata atau istilah Wi-Fi dengan Wifi atau WiFi, meskipun tidak masalah atau bukan masalah besar. Toh tidak mengganggu stabilitas nasional dan keutuhan NKRI :)

Banyak yang mengucapkan Wi-Fi dengan "Wai-fi", lagi-lagi... meskipun tidak masalah atau bukan masalah besar. Toh tidak mengganggu stabilitas nasional dan keutuhan NKRI :) Yang penting orang ngerti deh!

Tidak sedikit pula yang menyatakan Wi-Fi itu singkatan dari Wireless Fidelity. Lagi, itu pun "bukan masalah besar". Hanya saja, menurut Webo Pedia, memanjangkan Wi-Fi sebagai wireless fidelity adalah sebuah "miskonsepsi umum" (common misconception). 

Yang benar, Wi-Fi adalah nama merek (brand). Lihat saja di logo resminya: ada ikon TM yang artinya Trade Mark (merek dagang), yakni  nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa, dalam hal ini IEEE 802.11x ((Institute of Electrical and Electronic Engineers).

Wi-Fi is the name of a popular wireless networking technology that uses radio waves to provide wireless high-speed Internet andnetwork connections. A common misconception is that the term Wi-Fi is short for "wireless fidelity," however this is not the case. Wi-Fi is simply a trademarked phrase that means IEEE 802.11x. (Webo Pedia).

Hal senada dikemukakan Kamus Oxford: "(Wi-Fi) sometimes incorrectly interpreted as a shortening of Wireless Fidelity." Kadang-kadang secara keliru diinterpretasikan sebagai kependekan dari Wireless Fidelity.

Menurut Wikipedia, Wi-Fi (juga ditulis Wifi atau WiFi) adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. (WIkipedia)

Cara Mengucapkan Wi-Fi yang Benar

Karena istilah ini merupakan istilah bahasa Inggris, mari kita tanyakan sama orang Inggris cara pengucapannya yang benar. Misalnya, kita tanya Oxford Dictionary. Ini dia:

Disebutkan, pengucapan yang benar adalah ˈwʌɪfʌɪ. Ah, buka saja linknya deh dan klik ikon speaker di sana.

Apakah Anda menggunakan WAI-FAI juga di rumah atau di kantor?

» Thanks for reading: Inilah Cara Menulis dan Mengucapkan Wi-Fi yang Benar!
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, August 20, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email