Jenis Huruf Terbaik untuk Website (Blog)


Jenis Huruf Terbaik untuk Website (Blog)
Jenis huruf (font) terbaik untuk website atau blog ditentukan oleh tingkat keterbacaan (readability), keterlihatan (visibility), dan mudah dipindai (scannability). Bukan keindahan atau keunikan!

JENIS huruf (font) merupakan bagian penting dan desain website/blog. Jenis huruf terkait dengan unsur dan tingkat "keterbacaan" (readability) konten website/blog. Bisa jadi, gara-gara salah memilih jenis huruf, website/blog kita diabaikan pembaca.

Bisa jadi, gara-gara ukuran huruf di blog kita terlalu kecil, pengunjung buru-buru menutup website/blog kita dan mengklik tombol back di Google. Mereka mencari situs lain yang ukuran hurufnya lebih besar dan enak dibaca (dipindai/scan).

Hanya membuka sekilas blog, lalu cepat-cepat menutupnya dan kembali ke indeks hasil pencarian Google, itulah yang disebut Bounce Rate. (Selengkapnya baca Penjelasan Google tentang Bounce Rate).

Jenis Huruf Web/Blog

Jenis huruf menjadi isu tersendiri dalam dunia blogging, desain web, atau website development. Ia dikenal dengan istilah "Web Font". Google sendiri memiliki menu khusus soal jenis huruf: Google Font. Para webmaster dan blogger bisa memilih jenis huruf sekaligus memasangnya di website/blog mereka. Google menyediakan kode dan petunjuk pemasangannya.

Jenis huruf terbaik untuk website/blog adalah huruf yang "Safe web fonts", yaitu huruf yang aman untuk tampilan blog dan bisa muncul di komputer user.

Menurut laman Massachusetts Institute of Technology (MIT), jenis-jenis huruf yang paling aman digunakan untuk website/blog adalah:
  1. Arial
  2. Helvetica
  3. Times New Roman
  4. Times
  5. Courier New
  6. Courier

Selain itu, di peringkat kedua ada daftar huruf sebagai berikut:
  1. Palatino
  2. Garamond
  3. Bookman
  4. Avant Garde
Huruf-huruf yang cocok untuk Windows dan MacOS tapu tidak cocok untuk Unix+X adalah:
  1. Verdana
  2. Georgia
  3. Comic Sans MS
  4. Trebuchet MS
  5. Arial Black
  6. Impact
Dari semua jenis huruf tersebut, Arial menjadi "juaranya". "Arial is more common on modern OS's."

Tidak heran jika situs-situs berita terkemuka, seperti CNN, BBC, Detikcom, Republika Online, Tempo, dan Kompas, menggunakan huruf Arial 14px.

Tentu, blog tidak harus sama dengan situs berita. Komunikasi Praktis memilih jenis huruf Georgia 14 px sesuai dengan karakteristik konten blog yang berbau "akademis" --literatur komunikasi praktis.

Rupanya, dalam soal jenis huruf terbaik untuk website/blog, bukanlah keindahan huruf yang utama, meski itu pun perlu, tapi readability dan scannability. Wasalam.*

» Thanks for reading: Jenis Huruf Terbaik untuk Website (Blog)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, August 05, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email