Pengertian Komunikasi Politik

Pengertian Komunikasi Politik
Komunikasi Praktis -- Komunikasi Politik (Political Communication) adalah komunikasi yang berisikan pesan-pesan politik. Setiap pembicaraan, obrolan, atau diskusi tentang politik juga disebut komunikasi politik. 

Komunikasi adalah proses atau aktivitas penyampaian pesan, secara lisan ataupun tulisan. Politik adalah hal-hal yang menyangkut kekuasaan (power). Dalam sebuah negara, kekuasaan tertinggi ada di tangan penguasa atau pemerintahan.

Itulah gambaran umum, praktis, dan "sederhana" tentang pengertian dan ruang lingkup Komunikasi Politik, sebuah istilah yang dibentuk dari dua istilah: Komunikasi dan Politik.

Pengertian Komunikasi

  1. Komunikasi adalah proses mengubah prilaku orang lain (Carl I. Hovland) 
  2. Komunikasi adalah terjawabnya pertanyaan Who Says What InWhich Channel To Whom With WhatEffect (Harold Lasswell)
  3. Komunikasi adalah “proses penciptaan makna antara dua orang atau lebih (Tubs dan Moss) 
  4. Komunikasi (antar budaya) sebagai “proses transaksional, simbolik yang melibatkan pemberian makna antara orang-orang (dari badaya yang berbeda) ” ( Gudykunst dan Kim).
 

Pengertian Politik

  1. Secara harfiah, politik adalah kebijaksanaan, kekuatan, kekuasaan, pemerintahan, as-siyasah (menjaga), dll. 
  2. Kehidupan politik meliputi semua aktivitas yang berpengaruh terhadap kebijaksanaan  dari yang khusus yang dari diterima baik, bagi suatu masyarakat dan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan ini (David Easton)
  3. Politik adalah aspek bagi semua perbuatan yang berkenaan dengan usaha kolektif bagi tujuan-tujuan terhadap cara kolektif. (Talcott Parsons)
  4. Politik adalah perbuatan kemasyarakatan (yaitu perbuatan yang diarahkan kepada kelakuan orang-orang lain) yang bertujuan untuk mengatur secara mengikat konflik-konflik kemasyarakatan mengenai nilai- nilai. (Garhard Lemhmbruch).

Pengertian Komunikasi Politik

  1. Komunikasi politik adalah suatu proses di mana informasi politik yang relevan dieruskan dari satu bagian sistem politik kepada Bagian lainnya, dan di antara sistem-sitem sosial dengan Sistem-sistem politik (Michael Rush dan Phillip Althoff) 
  2. Komunikasi politik merupakan salah satu dari tujuh fungsi yang dijalankan oleh sistem politik. “All of the fungtions performed in the political system, political socialization and recruitment, interest articulation, interest aggregation, rule making, rule application, and rule adjudication, are performed by means of communication”. (Almond). 

» Thanks for reading: Pengertian Komunikasi Politik
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, August 20, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email