Pengertian Media Baru dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Media Baru (New Media) terus berkembang, seiring ditemkannya sarana atau saluran komunikasi yang baru. Saat ini media baru dipahami sebagai yang komunikasi dan informas yang terkoneksi dengan internet.

 Pengertian Media Baru dan Jenis-Jenisnya
Komunikasi Praktis -- Media baru yaitu sarana atau alat komunikasi yang baru muncul atau baru berkembang. Istilah media baru merujuk pada "digital devices", yakni alat komunikasi elektronik yang "hanya" butuh sentuhan jari.

Pengertian media baru tersebut sebenarnya masih terlalu umum. Belum ditemukan definisi baku tentang media baru karena ada kesulitan dalam merumuskan definisinya. "Defining New Media Isn't Easy," kata Bailey Socha and Barbara Eber-Schmid dari New Media Institute. 

Meski keduanya mengartikan media baru sebagai "segala macam barang yang terkait dengan internet, teknologi, gambar, dan suara", namun dalam kenyataannya definisi media baru berubah setiap hari dan akan terus demikian. "New Media is a 21st Century catchall term used to define all that is related to the internet and the interplay between technology, images and sound. In fact, the definition of new media changes daily, and will continue to do so," katanya.

Situs "ensiklopedia online" terpopuler, Wikipedia, dalam edisi Indonesianya bahkan hanya memuat satu kalimat tentang media baru.

"Media baru (bahasa Inggris: new media) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Program televisi, film, majalah, buku, suratkabar, dan jenis media cetak lain tidak termasuk media baru." (Flew (2005). New Media : An Introduction. 2nd Edition. Oxford University Press: New York. (Wikipedia).

Uniknya, istilah media baru sebenarnya telah digunakan sejak tahun 1960-an. Istilah ini merujuk atau mencakup seperangkat teknologi komunikasi terapan yang semakin berkembang dan beragam.

Ciri Media Baru

Pakar komunkasi Denis McQuail dalam buku Teori Komunikasi Massa (2011) menjelaskan, ciri utama media baru yaitu:
  • Adanya saling keterhubungan (interkonektivitas)
  • Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan
  • Interaktivitasnya
  • Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang  terbuka
  • Sifatnya yang ada di mana-mana.

Jenis-Jenis Media Baru

Dari pengertian di atas, kita bisa menginventarisasi, yang termasuk media baru adalah segala perangkat yang berkaitan dengan teknologi internet, yakni:
  1. Alat Komunikasi Jarak Jauh
  2. Media Online
Wikipedia memasukkan ulasan tentang jenis-jenis media baru ke dalam kelompok "Teknologi Komunikasi Baru", yaitu:
  1. Mikrokomputer. Unit yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.

  2. Telekonferensi. Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.

  3. Teleteks. Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televise rumah.

  4. Videotext. Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video .

  5. Komunikasi Satelit. Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televise, telepon dan informasi lain menghilangkan pengaruh jarak pada biaya komunikasi.
Kita bisa memasukkan media baru yang "akrab" di masyarakat modern, seperti Handpone, Smarphome, iPhone, iPad, atau "mobile devices" lainnya ke dalam kelompok no. 5 (komunikasi satelit). Semua alat tersebut saat ini berkaitan dengan akses ke internet dan/atau media online --saluran komunikasi yang tersaji secara online.

Media Sosial

Jenis media baru sekaligus media online yang paling populer saat ini adalah media sosial (social media) yang juga sering disebut "social networking" (jejaring sosial), antara lain:
  1. Blog
  2. Facebook
  3. Twitter
  4. Instagram
  5. Google Plus
  6. Path

» Thanks for reading: Pengertian Media Baru dan Jenis-Jenisnya
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, August 20, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email