Blogging? Gunakan Template Blog SEO Friendly!

Blogging? Gunakan Template Blog SEO Friendly!
TEMPLATE Blog SEO Friendly berperan besar dalam blogging (nge-blog). Penggunaan template terbukti bisa menentukan kesuksesan sebuah blog --cepat terindeks mesin pencari (terutama Google) yang berdampak pada banyaknya pengunjung (visitor, user, pembaca).
Karenanya, jika Anda nge-blog dengan platform blog terpopuler --Blogger/Blogspot, maka gunakanlah Template Blog SEO Friendly!

Benar, Template Blog SEO Friendly  bukan satu-satunya penentu kesuksesan blog karena dalam dunia blogging tetap berlaku hukum "Content is the King". Isi, terutama tulisan (posting), adalah raja. Konten bloglah sang penentu utama kesuksesan atau popularitas blog. Namun, dengan dukungan Template Blog SEO Friendly, maka sang konten akan makin unggul.

Apa itu SEO Friendly?

Secara harfiyah, SEO Friendly artinya "ramah SEO" atau "bersahabat dengan SEO". SEO sendiri kependekan dari Search Engine Optimization (optimisasi mesin pencari), yakni upaya mengoptimalkan desain blog agar mudah terindeks mesin pencari.

Saat ini banyak penyedia jasa SEO website/blog, banyak pula tips SEO yang di-share oleh para pakar SEO website/blog. Sebuah website/blog baru bahkan "harus" mengadakan kontes SEO untuk mendongkrak popularitas websitenya.

Ciri-Ciri Template Blog SEO Friendly

Ciri-ciri template blog SEO Friendly sangat mudah dikenali, yaitu dengan "membedah" sebuah template blog yang dikenal atau diklaim SEO Friendly.

Karakteristik Template Blog SEO Friendly berikut ini disusun berdasarkan "penelitian" terhadap sejumlah blog SEO Friendly plus referensi MOZ tentang dasar-dasar desain web SEO Friendly.
  1. Meta Tags - Title Tag, Description Tag, dan Keyword Tag
  2. Heading Tags - H1 H2 H3. Heading H1 = Digunakan hanya untuk nama blog; Heading H2 = Digunakan sebagai judul postingan/tulisan; Heading H3 = digunakan pada selain nama dan judul blog. 

  3. Breadcrumbs
  4. Related Posts di akhir setiap posting. Bersama Popular Posts yang biasa ada di sidebar/widget, "posting terkait" ini memudahkan user (pembaca) mengakses halaman posting lain.

  5. Fasilitas Social Share --minimal ada fasilitas share ke Facebook, Twitter, dan Google Plus di awal atau akhir posting.
  6. "Read More" di halaman depan, yakni posting tidak tampil utuh melainkan ringkasannya (summary) atau bagian awal tulisan saja.

  7. Fast Loading. Tampilannya cepat, tidak lelet.
Template Blog SEO Friendly umumnya otomatis juga User Friendly --disukai pembaca/pengunjung, terutama soal kecepatan loading. Google punya catatan khusus untuk elemen SEO ini:
Kecepatan loading blog penting untuk menarik lebih banyak pembaca. Jika blog Anda membutuhkan waktu lama untuk loading (tampil), banyak pembaca akan meninggalkan blog Anda sebelum mereka memiliki kesempatan untuk membacanya. (Google)

Meta Tags: Identitas Blog

Google juga memberi perhatian khusus soal Meta Tags. Bisa dikatakan, Meta Tags adalah "tanda pengenal" atau identitas blog yang akan memudahkan Google dan user mengindeks dan mengenalinya.

Meta Tags berisi judul blog (Meta Title), deskripsi blog (Meta Descriptions), dan kata kunci (Meta Keywords). Karena banyak "penipuan" (stuffing) dalam kata kunci, Google sudah tidak lagi menghiraukan kata kunci yang digunakan dalam Meta Tags.

Salah satu referensi tentang penggunaan Meta Tags bisa disimak di Search Engine Watch: How to Use HTML Meta Tags.

Bagaimana dengan Blogger Pemula?

Blogger pemula tampaknya perlu waktu untuk mengakrabi Template Blog SEO Friendly. Tidak usah khawatir, blogger pemula cukup gunakan Template Blog SEO Friendly!

Semua ciri Template Blog SEO Friendly biasanya sudah ada di sana. Tinggal download, install, dan isi blog dengan tulisan/posting berkualitas --unik, orisinal (asli tulisan sendiri, bukan "copy paste" dari blogger lain), dibutuhkan, menarik, dan bermanfaat.

Template Blog SEO Friendly mudah ditemukan di Google. Ketikkan saja kata kunci "Template Blog SEO Friendly" atau "SEO Friendly Blogger Template". Jika merasa bingung, ini dia link template blog terbaik rekomenasi KomunikasiPraktis. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Blogging? Gunakan Template Blog SEO Friendly!
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, September 29, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email