Pengertian Jurnalistik: Daftar Definisi Jurnalistik

Pengertian Jurnalistik: Daftar Definisi Jurnalistik
Pengertian/Definisi Jurnalistik secara bahasa, praktis, dan menurut para ahli.

JURNALISTIK adalah ilmu, teknik, dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature, dan artikel opini di media massa, baik media cetak, media elektronik, maupun media online.

Pengertian jurnalistik pun terkait erat dengan penulisan dan media.

Pengertian Jurnalistik Secara Bahasa

Secara etimologis, jurnalistik (journalistic, journalism) berakar kata "jurnal" (Inggris), "du jour" (Prancis), dan lebih jauh lagi ke zaman Romawi Kuno, yaitu "diurna".

Jurnal artinya laporan atau catatan. Du Jour artinya hari atau catatan harian, sama dengan pengertian diurna. Dalam bahasa Belanda, journalistiek artinya "penyiaran catatan harian".

Jadi, secara etimologis (asal-usul kata), jurnalistik adalah laporan tentang peristiwa sehari-hari yang saat ini kita kenal dengan istilah "berita" (news). Berita sendiri adalah laporan peristiwa aktual, faktual, penting, dan menarik yang dipublikasikan (dimuat) di media massa.

Pengertian Jurnalistik Menurut Para Ahli

Pengertian jurnalistik secara terminologis (istilah) atau definisi jurnalistik sangat banyak. Berikut ini daftar pengertian jurnalistik yang dikemukakan para ahli dan praktisi jurnalistik.
  1. Jurnalistik adalah segala bentuk yang terkait dengan pembuatan berita dan ulasan mengenai berita yang disampaikan kepada publik. (F. Fraser Bond).

  2. Jurnalistik adalah pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi umum, pendapat pemerhati, hiburan umum secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan disiarkan di stasiun siaran. (Roland E. Wolseley)

  3. Jurnalistik adalah pengiriman informasi dari sini ke sana dengan benar, seksama, dan cepat, dalam rangka membela kebenaran dan keadilan. (Erik Hodgins)

  4. Jurnalistik adalah usaha memproduksi kata-kata dan gambar-gambar yang dihubungkan dengan proses transfer ide atau gagasan dengan bentuk suara, inilah cikal bakal makna jurnalistik sederhana. (M. Djen Amar)

  5. Jurnalistik adalah suatu kepandaian praktis mengumpulkan, mengedit berita untuki pemberitaan dalam surat kabar, majalah, atau terbitan terbitan berkala lainnya. Selain bersifat ketrampilan praktis, jurnalistik merupakan seni. (M. Ridwan)

  6. Jurnalistik adalah teknik mengelola berita sejak dari mendapatkan bahan sampai kepada menyebarluaskannya kepada khalayak. (Onong U. Effendi)

  7. Jurnalistik adalah semacam kepandaian karang-mengarang yang pokoknya memberi perkabaran pada masyarakat dengan selekas-lekasnya agar tersiar seluas-luasnya. (Adinegoro)

  8. Jurnalistik adalah segala sesuatu yang menyangkut kewartawanan. (Summanang)

  9. Jurnalistik adalah kegiatan pencatatan dan atau pelaporan serta penyebaran tentang kejadian sehari-hari. (Astrid S. Susanto)

  10. Jurnalistik adalah proses atau teknik mencari, mengolah, menulis, dan menyebarluaskan informasi berupa berita (news) dan opini (views) kepada publik melalui media massa. (Asep Syamsul M. Romli).

  11. Jurnalistik adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dengan secepat-cepatnya. (Haris Sumadiria).

  12. Jurnalistik merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara menyiarkan berita ataupun ulasannya mengenai berbagai peritiwaatau kejadian sehari-hari yang aktualdan factual dalam waktu yang secepat-cepatnya. (A.W. Widjaya)

  13. Jurnalistik adalah seni atau ketrampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya. (Kustadi Suhandang)

  14. Jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari (pada hakikatnya dalam bentuk penerangan, penafsiran dan pengkajian) secara berkala, dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada. (Ensiklopedi Indonesia).

  15. Jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, menyunting dan menyebarkan berita dan karangan untuk surat kabar, majalah, dan media massa lainnya seperti radio dan televisi. (Leksikon Komunikasi)
Dari sejumlah pengertian jurnalistik di atas, dapat diambil kesimpulan,  jurnalistik adalah proses mengumpulkan, menulis, menyunting, dan menyebarluaskan berita melalui media massa.

Jurnalistik bisa pula diartikan sebagai proses komunikasi dan pemberitaan melalui media massa. (www.komunikasipraktis.com).*

Referensi:
  1. Asep Syamsul M. Romli, Jurnalistik Terapan: Pedoman Kewartawanan dan Kepenulisan, Bandung, Batic Press, 2005.
  2. Asep Syamsul M. Romli, Kamus Jurnalistik. Bandung, Simbiosa, 2009.
  3. AS Haris Sumadiria, Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional, Bandung, Simbiosa Rekatama Media, 2005.
  4.  A. Muis, Jurnalistik Hukum Komunikasi Massa, Jakarta: PT. Dharu Annutama. 1999.
  5. Jafar Assegaff, Jurnalistik Masa Kini: Pengantar ke Praktek Kewartawanan, Jakarta:Ghalia Indonesia, 1982.
  6. Kustadi Suhandang, Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung:Penerbit Nuansa, 2004.

» Thanks for reading: Pengertian Jurnalistik: Daftar Definisi Jurnalistik
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, September 29, 2014

4 comments:

  1. (y) artikelnya baguss :) jd nambah wawasan. terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Makasih buat informasi nya.. Sangat berguna buat saya

    ReplyDelete
  3. nambah referensii, lagiiii
    suwun mase 😊

    ReplyDelete
  4. Terimakasih info nya 😀😀 namabah wawasa

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email