Teknik Presentasi PowerPoint yang Benar dan Efektif

Teknik Presentasi PowerPoint yang Benar dan Efektif
PRESENTASI dengan menggunakan alat bantu visual (visual aids) PowerPoint memerlukan beberapa teknik dan strategi agar presentasi berjalan dengan baik, benar, dan efektif.

Teknik Presentasi PowerPoint meliputin dua hal: cara membuat slide PowerPoint dan cara menggunakannya.

Slide Presentasi Power Point hendaknya:
  • Visible. Mudah dilihat atau dibaca audiens. Gunakan huruf yang kontras dengan background dan sebaliknya: latar belakang yang kontras dengan huruf. Misalnya, latar putih, huruf hitam/biru. Latar hitam/biru, huruf putih. Perhatikan juga besar huruf, antara 25-30 pixel.

  • Simple. Sederhana, fokus ke konten, bukan ke desain atau "warna-warni" dan elemen yang bisa membuat slide terkesan "ramai" dan "menor" bak brosur iklan.

  • Colorful. Penuh warna dalam pengertian "tidak hitam putih". Gunakan paduan warna serasi dan seperlunya.

  • Justified by the content. Jangan terlalu banyak slide, idealnya antara 8-10 slide, jangan pula terlalu sedikit, misalnya cuma 2-3 slide.

  • Rule of Three. Sebaiknya atau idealnya satu slide hanya berisi tiga point.

Teknik Penggunaan Slide PowerPoint

Ingat! Slide PowerPoint "hanya" alat bantu, bukan materi utama atau materi presentasi Anda. Ia hanya berisi pointer atau poin-poin penting, misalnya kata kunci (keywords) atau istilah kunci (key terms) dan/atau sistematika materi yang akan Anda presentasikan.

Aturan terpenting dalam penggunaan slide powerpoint adalah "jangan membacakan slide!"
Don't read the slides to your audience! Jangan membacakan slide kepada audiens! Audiens bisa membaca sendiri kok...! Yang mereka perlukan adalah penjelasan atau keterangan detail dari Anda.

PowerPoint should be a “visual aid” – not the entire show. PowerPoint adalah "alat bantu visual", layaknya catatan poin yang ada di tangan Anda saat presentasi. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Referensi

» Thanks for reading: Teknik Presentasi PowerPoint yang Benar dan Efektif
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, September 28, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email