Tips Menulis Naskah Berita Radio

Tips Menulis Naskah Berita Radio
Naskah berita radio (radio news script) adalah naskah informasi aktual yang disiarkan di radio. Bisa disampaikan langsung oleh reporter, bisa juga oleh penyaji berita (news presenter) atau pembaca berita (news reader). Written by Romeltea.

NASKAH berita radio (radio news script, stories for broadcast) biasanya lebih ringkas dari naskah berita media cetak. Naskah berita radio juga tidak berisi kutipan langsung dan tidak detail (global). Namun, berita untuk dipublikasikan di media apa pun sama-sama harus jelas (clear) dan ringkas (concise).

Berita radio harus lebih jelas karena pendengar hanya punya satu kesempatan untuk "menangkap makna" (memahami berita): pendengar tidak bisa kembali dan membaca ulang berita seperti halnya pembaca koran.  Naskah berita radio juga harus bergaya percakapan (conversational) dan mudah dipahami pendengar.

Karakteristik Naskah Berita Radio

Dua paragraf di atas yang saya kutip dari buku News Writing and Reporting for Today's Media karya Bruce D Itule & Douglas A Anderson (McGraw-Hill, USA, 1991) menggambarkan karakteristik naskah berita radio:
  1. Ringkas
  2. Jelas
  3. Tidak Ada Kutipan Langsung
  4. Global
  5. Gaya Percakapan
  6. Mudah Dipahami
Dari keenam karakteristik naskah berita radio tersebut, poin 3, 4, dan 5 yang benar-benar menjadi ciri khas naskah berita radio (dan televisi). Poin 1, 2, dan 6 berlaku untuk semua naskah berita di jenis media apa pun. Semua naksah berita harus ringkas, jelas, dan mudah dipahami.

Yang menjadi karakteristik utama naskah berita radio adalah gaya penulisan, yaitu percakapan (conversational). Aturannya adalah: Write as if you were talking to a friend (Tulislah seakan-akan Anda berbicara kepada seorang teman.

Prinsip Penulisan Naskah Berita Radio

Berdasarkan karakteristik naskah berita radio tersebut, maka prinisp menulis naskah berita radio adalah sebagai berikut:

  1. Write the way you talk. Tulislah sebagaimana Anda ucapkan. Write as if you were talking to a friend! Atas dasar prinsip ini, maka naskah berita radio harus menggunakan bahasa tutur atau bahasa lisan (spoken words), yakni bahasa dengan kata-kata yang biasa diucapkan sehari-hari (converesational languange, everyday language).

  2. KISS = Keep It Simple and Short! Tulislah dengan bahasa sederhana (mudah dipahami orang awam) dan ringkas.
Prinsip penulisan naskah berita radio lainnya sama dengan penulisan berita pada umumnya, yakni berpedoman kepada:
  1. Nilai Berita (Aktual, Faktual, Penting, Menarik)
  2. Unsur Berita (5W+1H)
  3. Pola Piramida Terbalik (Inverted Pyramid)
  4. Menggunakan Bahasa Jurnalistik (hemat kata, lugas, logis, mudah dipahami). (www.komunikasipraktis.com).*

NEXT POSTING:
  1. Persiapan Naskah (Preparation of Copy)
  2. Teknis Penulisan Nomor, Nama, Kutipan, dll. (Rules of Style)
  3. Menciptakan Gambar dengan Kata-Kata (Creating Pictures with Words)
  4. Menarik Pendengar ke dalam Cerita (Pulling Listeners Into A Story)

» Thanks for reading: Tips Menulis Naskah Berita Radio
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, September 28, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email