6 Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

6 Cara Mengatasi Gugup dalam Public Speaking
NERVOUS, grogi, atau gugup dalam Public Speaking (berbicara di depan umum/pidato) merupakan gejala umum, terutama bagi mereka yang belum terlatih dan terbiasa Public Speaking pun bisa mengalami gugup --grogi, nervous, atau istilah populernya "demam panggung".

Secara umum, cara mengatasi gugup dalam public speaking adalah menguasa materi/tema pembicaraan dan banyak latihan.

Dengan menguasa materi, kita akan "PD" (percaya diri). Dengan banyak latiha, kita akan terlatih dan terbiasa. Ingat! Practise make perfect. Latihan menjadikan sempurna. Alah bisa karena biasa.

Segala kesukaran tidak akan terasa lagi apabila sudah biasa. Sesuatu yang pada awalnya dirasakan sulit bila sudah biasa dikerjakan akan menjadi mudah.

6 Cara Mengatasi Gugup

Berikut ini 6 cara mengatasi gugup dari Stephen D. Boyd, Ph.D., CSP, pakar public speaking yang menjadi Professor Emeritus of Speech Communication, College of Informatics, Northern Kentucky University, USA.
  1. Be prepared. There is no substitute for preparation. Practice your speech, revise, and then practice again.

  2. Pick out friendly faces to speak to. These pleasant expressions will inspire you and help you relax.

  3. Think positive things about your content. One of my favorite thoughts is, “This information will be helpful to this audience.” Repeat this statement to yourself several times before you speak.

  4. Have a great opening line that you know will grab the attention of your audience.
  5. Pause before you begin to speak as you make eye contact with those friendly faces.
  6. Include a personal experience early in your speech. You are most comfortable relating a story.
Menurut Boyd, cara pertama yaitu "melakukan persiapan". Tidak ada pengganti untuk persiapan. Latihlah pidato Anda, revisi, dan latihan lagi!


  • Tampilkan wajah ramah kepada audiens. Ekspresi menyenangkan ini akan memberi Anda inspirasi dan membuat Anda rileks (santai).
  • Pikirkan hal positif tentang materi pidato Anda. Salah satu pemikiran favorit saya adalah "Informasi ini sangat membantu/bermanfaat bagi audiens". Ulangi pernyataan tersebut beberapa kali sebelum Anda tampil.
  • Miliki/siapkan pembukaan pidato yang sekiranya bisa menarik perhatian audiens.
  • Jeda sebelum memulai pidato saat Anda membuat kontak mata atau menatap audiens dengan wajah bersahabat.
  • Masukkan pengamalan pribadi di awal pembicaraan Anda. Anda akan merasa nyaman dengan cerita yang Anda sampaikan.

Demikian tips, trik, teknik atau cara mengatasi gugup dalam public speaking versi Boyd. Dari keenam tips tersebut, tips pertama yang paling penting --persiapan dan latihan. Dengan begitu, komunikasi lisan Anda berupa public speaking akan berjalan lancar. Good luck! (www.komunikasipraktis.com).*

Post a Comment

Previous Post Next Post