Blog Linda Ikeji Dihapus Google: Peringatan buat Para Blogger

Blog Linda Ikeji Dihapus Google
DUNIA blogging dihebohkan dengan dihapusnya blog Linda Ikeji oleh Google pekan lalu. Sejumlah media pun mengeksposnya.

Diprotes para penggemarnya, Google mengaktikannya kembali sekitar 24 jam kemudian. Linda pun sumringah dan menulis "Yay! LIB is back!". LIB adalah singkatan dari Linda Ikeji's Blog.

Linda Ikeji bukan nama asing di kalangan blogger, terutama di negaranya, Nigeria. Blog pribadinya, www.lindaikeji.blogspot.com, disebut-sebut bisa menghasilkan uang hingga US$625,000 per tahun dari iklan di blognya.

Linda Ikeji's Blog (LIB) menempati ranking 10 sebagai situs terpopuler di Nigeria dan peringkat 1,918 di rangking global versi Alexa.

Menurut blog CheckVT, Linda Ikeji adalah salah satu blogger terbesar Nigeria. Ia pernah menjadi model dengan bayaran tertinggi di negaranya. Alumni University of Lagos jurusan bahasa Inggis ini masuk dunia modeling di usia 17 tahun.

Linda Ikeji ngeblog sejak Desember 2010. Situs BBC Afrika menyebut Lina Kenji sebagai "...one of the most popular entertainment sites in Nigeria, and her posts reflect the diversity of its readers: From celebrity gossip and relationship advice to fashion and politics."

Blog Linda Ikeji berisi tentang News, Events, Entertainment, Lifestyle, Fashion, Beauty, Inspiration, dan Gossip.
Blog Linda Ikeji Dihapus Google
Linda bersama mobil hasil ngeblognya. Foto: nairaland.com

Kenapa Dihapus?
Laman All Africa memberitakan, setelah mendelet dan merestore LIB, Google menjelaskan alasan dideletnya Blog Linda Ikeji pada Rabu 8 Oktober 2014 itu. (Google Explains Why It Deleted Linda Ikeji's Blog). 

Intinya, Google menghapus blog Linda terkait plagiarisme dan pelanggaran hak cipta. Menurut Manajer Komunikasi dan Urusan Publik Google Anglo-Phone West Africa, Taiwo Kolade-Ogunlade, Google sangat serius dalam masalah hak cipta --Digital Millennium Copyright Act (DMCA). 

Sejumlah penggemarnya mengatakan, dihapusnya  LIB dikarenakan ulah para "hater" yang melaporkan LIB ke Google DMCA. 

Benar saja, blog Linda diadukan ke Google (pemilik Blogger) oleh seseorang yang bernama Mr. Aye Dee dan teman-temannya dengan dalih pelanggaran hak cipta. Penyebabnya, Dee merasa kecewa karena diabaikan Linda.

Peringatan buat Para Blogger
Google memang sedang gencar-gencarnya menumpas blog-blog yang tidak berkualitas, termasuk blogger plagiat yang copypaste tulisan blogger lain tanpa menyebutkan sumber (plagiarism). (Baca:
Tiap Hari Google Hapus 1 Juta Link karena Langgar DMCA).

Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator (www.id.wikipedia.org).

Dihapusnya blog Linda oleh Google jelas menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi para blogger. Maka, waspadalah dan patuhi Kebijakan Konten Blogger

Selain itu, ulah "hater" seperti Aye Dee terhadap LIB juga menjadi pelajaran tersendiri. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Blog Linda Ikeji Dihapus Google: Peringatan buat Para Blogger
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, October 12, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email