Cara Membuat Radio Internet


Cara Membuat Radio Internet
Cara membuat radio internet online streaming sangat mudah, khususnya untuk membuat radio internet gratis. By Romeltea

RADIO Internet adalah siaran radio yang dipancarkan melalui internet. Sebutan untuk radio internet cukup banyak, yaitu web radionet radiostreaming radioe-radio, online radio, dan webcasting (Wikipedia).  

Banyak (atau kebanyakan?) radio internet saat ini merupakan "versi online" --yang sering disebut "radio streaming"-- dari stasiun radio konvensional.

Dengan adanya versi online itu, coverage area siaran radio tidak lagi dibatasi jangkauan frekuensi dan pembatasan oleh pihak berwenang, tapi bisa mendunia dan didengarkan di luar area-regional. Teknologi radio internet biasanya juga dimanfaatkan oleh "radio jaringan".

Radio Internet dipelopori oleh Carl Malamud. Tahun 1993, ia meluncurkan "Internet Talk Radio" yang merupakan talkshow radio internet pertama di dunia.

Berkat radio internet, kini siapa pun bisa punya radio dan menjadi penyiar. Siapa pun tinggal "klik", misalnya situs My Radio Stream, lalu cuap-cuap siaran dan memutarkan lagu layaknya di studio radio "beneran".

Cara Membuat Radio Internet sangat mudah bagi yang gratisan, yaitu tinggal buka situs penyedia radio streaming gratis, seperti My Radio Stream. Tinggal buka, daftar (klik menu "Start your on radio station" atau "Register for free"), ikuti petunjuk selanjutnya dan teknis settingannya, maka jadilah radio internet seperti http://myradiostream.com/romeltea.

Nanti bisa gabung ke Wave Streaming untuk bisa membuat playernya yang bisa "ditempel" di blog kita.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan file MP3 audio (lagu, jingle, insert) dan keterampilan siaran radio (announcing skills), lalu promosilah ke kawan-kawan, di media sosial, di mana saja, agar banyak orang yang mendengarkan. Good Luck! (www.komunikasipraktis.com).*

 Cara Membuat Radio Internet Selengkapnya

1 Comments

  1. terima kasih gan sudah shre cara buat radio diinternet

    ReplyDelete
Previous Post Next Post