Cara Memilih Nama Blog yang SEO Friendly

Cara Memilih Nama Blog yang SEO Friendly
Selama ini kita mengenal ungkapan "nama adalah doa". Dalam dunia blogging, "nama adalah kunci sukses blog". Oleh karena itu, jangan sembarangan memilih nama blog.

Memilih nama blog jangan "asal", apalagai "alay", tapi pilihlah nama yang baik, mudah diingat, dan sesuai dengan konten blog.

Blog yang baik, SEO Friendly, mudah terindeks Google dan mesin pencari lainnya, adalah nama yang relevan dengan Meta Tags --Judul Halaman (Title Tag), Deskripsi Halaman (Description Tag), dan Kata Kunci (Keyword).

Misalnya, nama blognya "Blog Keren", maka dalam Meta Tags harus ada kata "blog keren" juga. Demikian juga konten blognya banyak (kebanyakan) berbicara tentang blog keren.

Tiga Aturan Memilih Nama Blog

Ada tiga aturan sederhana yang harus diikuti ketika menentukan atau memilih nama blog. Ini pula tips atau cara memilih nama blog.

1. Nama blog harus menggambarkan visi, misi, dan isi blog.
Orang yang sedang mencari informasi tentang "Persib Bandung", misalnya, tentu akan lebih memilih blog yang bernama "Informasi Terkini Seputar Persib Bandung" ketimbang blog yang pake nama "Obat Kuat Dijamin Aman".

Jika blog Anda akan berisi catatan kuliah, misalnya, maka sebaiknya diberi nama "Catatan Kuliahku" ketimbang "Curahan Hatiku".

2. Harus mudah diingat.
Jika blog Anda akan berisi seputar "Tips Menulis", maka nama yang pas adalah "Blog Seputar Tips Menulis dan Panduan Menjadi Penulis".

3. Harus "equal" atau sama dengan nama domain.
Aturan ini sering dilupakan orang. Mungkin juga karena masalah "tidak kebagian" alias sudah dipake sama blogger lain.

Namun, usahakan cari nama blog yang sesuai dengan nama domain (alamat URL Blog). Misalnya, alamat blognya "www.jurnalistikradio.blogspot.com", maka nama blognya juga "Jurnalistik Radio", bisa ditambah menjadi "Jurnalistik Radio - Panduan Jurnalistik Radio bagi Pemula".

Inti atau benang merah dari cara memilih nama blog adalah relevansi dan konsistensi. Nama blog mesti relevan dengan nama domain dan konten blognya.

Usahakan jangan menggunakan nama domain dan nama blog yang "rumit" dan "alay". Kalo unik, ok! Asal mudah diingat! Happy Blogging! (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Cara Memilih Nama Blog yang SEO Friendly
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, October 07, 2014

6 comments:

  1. wahai sahabatku,makasih atas info seonya.

    ReplyDelete
  2. ia memang nyari nama blog agak susah.
    aku selalu di kritik oleh kawanku mengenai nama blok dan alamatnya.
    sebenarnya hanya coba2 bikin blok. jadi asal saja bikinya. sekarang akusangat tertarik dengan adanya blok yang aku kelola.
    salahsatunya karyaku bisa tersimpan abadi disana. hehe
    terima kasih atas saran dan artikel Anda sanagt membantu, dan menjadi spirit tersendiri bagiku.

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas catatan informasi nya semoga bermanfaat bagi kita semua

    ReplyDelete
  4. Benar sekali. Saya sependapat bahwa dengan menggunakan nama blog yang simpel dan mudah di ingat akan berpengaruh besar pada masa depan blog tersebut.

    ReplyDelete
  5. Benar juga gan.. Membuat nama blog "equal" nama url blognya itu dianjurkan oleh sebagian webmaster. Namun, ada sebagian lain malah membuatnya beda tetapi menargetkan kata kunci tertentu pada judulnya. Apakah itu tidak berpengaruh buruk gan? Terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email