Cara Menjadi Penyiar Radio

Cara Menjadi Penyiar Radio
Tulisan di bawah ini merupakan tips atau cara untuk menjadi penyiar radio.

Penyiar radio adalah orang yang membawakan acara di stasiun radio. Istilah bahasa Inggrisnya Radio Announcer atau Announcer saja.

Penyiar radio disebut juga Host, Radio DJ (Disk Jockey), Radio Broadcaster, Radio Presenter, dan Radio Personality.

MENJADI penyiar radio itu asyik, menyenangkan. Penyiar radio itu entertainer, penghibur. Ia menghibur dirinya sendiri, berekspresi, sekaligus menghibur pendengarnya.

Broadcaster kondang dari Amerika, Larry King, menggambarkan peran, tugas, dan fungsi penyiar radio dengan dua kata: to inform and to entertain.

To Inform yaitu menyampaikan informasi, memberi tahu, memberi pengetahuan atau wawasan kepada pendengar. Karenanya, penyiar radio mesti berwawasan luas, selalu update info terkini, selalu baca koran, majalah, dan sumber pengetahuan/inforandmasi lainnya.

To Entertain artinya menghibur, menyenangkan orang, membuat orang bahagia. Penyiar radio, dengan demikian, harus berjiwa entertainer, memahami apa yang disukai orang (pendengar).

Penyiar radio mengibur pendengarnya bukan saja dengan memutarkan lagu-lagu kesayangan pendengar, tapi juga dengan gaya siarannya, materi siarannya, candaan selama siaran, atau dengan kata-katanya yang dikenal dengan Personal Touch (PT Style).

Cara Menjadi Penyiar Radio

Berikut ini tips cara menjadi penyiar radio versi Komunikasi Praktis.

1. Ikut Kursus Penyiar.
Ikuti kursus penyiar radio. Bagi Anda yang tinggal di Bandung, Komunikasi Praktis rekomendasikan kursus di Batic Broadcast.

Dengan mengikuti kursus, Anda bukan saja akan memiliki wawasan dan keterampilan siaran radio, tapi juga menambah teman, jaringan, kenalan, dan akan tahu banyak peluang atau lowongan penyiar radio, minimal dari instruktur yang lazimnya dari kalangan penyiar aktif.

2. Bikin Sample Voice.
Miliki Sample Voice atau  Demo Tape, yaitu contoh siaran Anda, dalam file MP3, disimpan di CD/DVD, untuk disertakan dalam surat lamaran menjadi penyiar radio. Akan lebih baik jika gaya dan materi siaran, disesuaikan dengan format radio yang dituju.

Misalnya, Anda akan melamar ke radio dangdut, maka sample voice-nya berisi siaran lagu dangdut dengan gaya siaran "meniru" para penyiar acara dangdut di radio tersebut, mulia dari Station ID, Station Call, cara opening, hingga closing.

3. Berlatih.
Asah keterampilan siaran radio Anda dengan memanfaatkan studio di tempat kursus, radio kampus/radio komunitas, dan radio internet yang bisa dibikin secara gratis, misalnya di My Radio Stream atau Sound Cloud.

Bahkan, dengan memiliki radio internet atau radio online, sebenarnya Anda sudah jadi penyiar radio!

4. Sukai Musik.
Ini jika Anda tidak suka musik. Penyiar radio harus suka musik, suka dengerin lagu, karena "fitrah" radio itu identik dengan musik.

Radio itu gudangnya lagu. Syukur-syukur Anda bisa hafal lagu-lagu hits, minimal judul dan penyanyinya. Ada stasiun radio yang minta para pelamar (calon penyiar) menyebutkan "10 lagu terpopuler" dalam wawancara.

5. Miliki Karakter Penyiar.
Karakter sebagai penyiar ini dibangun selama Anda kursus penyiar, mulai dari cara ngomong, teknik vokal, terampil komunikasi lisan atau komunikasi verbal, hingga kepribadian penyiar (ceria, supel, humoris, dsb.).

Dari kelima cara menjadi penyiar radio di atas, yang terpenting adalah nomor 1. Dari nomor 1 itulah nomor berikutnya akan Anda alami atau dapatkan. Good Luck!  Salam Broadcaster! (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Cara Menjadi Penyiar Radio
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Saturday, October 04, 2014

3 comments:

  1. hemm .. ingin sekali tpi tkut gg ketrima ..

    ReplyDelete
  2. Selamat siang, saya Regina Dian Novita, editor dari PT Penerbit Erlangga. Saya ingin meminta izin apakah saya boleh mengutip salah satu cerita dari website ini untuk dipublikasikan di buku pelajaran? Mohon konfirmasinya ya, terima kasih.

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email