Format dan Jenis-Jenis Program Siaran Berita Radio

Format dan Jenis-Jenis Program Siaran Berita Radio
Berita radio adalah berita yang disiarkan atau dipublikasikan lewat media radio. Berita Radio (Radio News) merupakan materi utama program siaran Radio Berita (News Radio), yaitu radio dengan format "All News". Berita radio merupakan produk utama jurnalistik radio. Written by Romeltea.

HAMPIR semua radio, dengan format apa pun, memiliki program siaran berita (news programmes), yaitu program yang bermaterikan informasi aktual.

Biasanya jam siaran pagi. Bisa pula berita radio yang disiarkan berupa "insert", yaitu disiarkan di sela-sela program siaran non-berita.

Apa pun format radio Anda, sebaiknya sisipkan siaran berita. Jangan membuat pendengar radio Anda, bahkan Anda dan kru sendiri, tidak updated tentang informasi aktual.

Berita sangat penting bagi tiap orang. Sajian berita akan membuat pendengar Anda selalu tahu peristiwa yang terjadi di komunitas mereka dan komunitas lainnya.  Berita akan memuaskan rasa ingin tahu dan kepedulian pendengar.

Dengan demikian, sebaiknya, paling tidak ada satu penyiar yang ditugaskan khusus sebagai reporter atau news editor, news writer, atau news scriptwiter untuk menyiapkan berita-berita aktual di radio Anda. Penyiar khusus ini juga harus memiliki atau dibekali keterampilan jurnalistik radio, termasuk keterampilan menulis naskah berita radio (radio news writing).

Dulu, mungkin juga sekarang, kalangan radio, terutama radio hiburan, kurang memperhatikan pentingnya siaran berita dan penyiar khusus berita yang memahami jurnalistik radio (radio journalism, broadcast journalism). Umumnya radio tidak memproduksi sendiri beritanya, tapi mengutip berita koran atau internet (media online).

Parahnya, berita koran dan internet itu dibacakan tanpa diedit atau disusun dulu menjadi naskah berita radio sebagaimana mestinya --menggunakan bahasa tutur, mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung, sign-posting, dash, punctuation, global, hindari detail, dan sebagainya.

Di stasiun radio yang demikian, kemampuan jurnalistik radio penyiarnya biasanya diabaikan. Ketrampilan membaca dan mempresentasika berita (news presenting) tidak menjadi perhatian.

Berikut ini format berita radio dan jenis-jenis program siaran radio.

Format Berita Radio

Format berita radio pada umumnya sama dengan format atau jenis berita di media lain (cetak), di antaranya:

  1. Hard News. Berita Lempang/Langsung. Disebut juga Straight News dan Spot News. Hard News adalah berita yang dibuat secara lugas (to the point), ringkas, untuk menyampaikan informasi aktual yang secepatnya harus diketahui pendengar. Format penulisan berita ini mengikuti struktur naskah berita dengan pola Piramida Terbalik (Inverted Pyramid), yakni mengedepankan fakta terpenting pada awal berita (teras/lead).

  2. Soft News. Berita Ringan. Berita ringan adalah berita yang tidak seurgen Hard News dari sisi keharusan disiarkan. Soft News tidak mengikuti struktur piramida terbalik karena yang diutamakan bukan unsur pentingnya, tetapi unsur "human touch" --menggugah emosi atau perasaan pendengar. Soft News identik dengan feature, termasuk tips dan berita lucu.

  3. Depth News. Berita Mendalam. Berita mendalam adalah berita yang tidak sekadar memenuhi unsur 5W+1H (paparan fakta), tapi juga berupa pendalaman kasus.

  4. Continuous News/ Updating News. Topik berita yang disiarkan beberapa kali dalam satu hari, bahkan dalam satu minggu. Berita ini disajikan untuk mengetahui perkembangan kasus yang terjadi secara kontinyu.

Jenis-Jenis Program Siaran Berita Radio

  1. Spot News. Secara umum, spot news sama dengan hard news. Namun, dalam dunia radio broadcast, yang dimaksud Spot News adalah berita pendek yang bersumber dari media lain dan ditulis ulang menjadi naskah berita radio. Bisa pula berupa liputan reporter yang naskahnya (radio copy) diolah kembali.

  2. News Insert. Sisipan Berita. News Insert adalah siaran informasi aktual yang disisipka di sela-sela program siaran non-berita, misalnya siaran request lagu. News Insert biasanya disiarkan pada menit atau jam tertentu, bisa pula berupa "Breaking News" --berita yang "memotong"  (to break) acara yang sedang berlangsung. News Insert juga dipahami sebagai berita yang dilengkapi dengan sisipan suara narasumber atau petikan wawancara (Sound Bite).

  3. Phone in News. Berita yang disajikan melalui laporan langsung reporter via telepon. Phone In juga dipahami sebagai program siaran berita yang mengundang opini/komentar pendengar melalui telepon atau SMS, Facebook, Twitter, atau WhatApss.

  4. News Bulletin. Buletin Berita. Disebut juga "Paket Berita" (Package). Gabungan beberapa berita yang disajikan dalam satu waktu atau program khusus berita.

  5. TalkShow/ChatShow. Siaran berita berupa wawancara khusus dengan sumber informasi (narasumber) di studio tentang topik tertentu.

  6. Live Reporting. Program siaran langsung, seperti siaran langsung reporter di lokasi peristiwa atau siaran langsung berupa "mengudarakan" sebuah acara diskusi atau seminar dll. (www.komunikasipraktis.com).*
Referensi:
  1. Asep Syamsul M. Romli, Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar, Reporter, dan Scriptwriter. Penerbit: Nuansa Cendikia Bandung,, 2007.
  2. Imelda Reynolds, Pedoman Jurnalistik Radio, Penerbit: Internews Indonesia, 2000.

» Thanks for reading: Format dan Jenis-Jenis Program Siaran Berita Radio
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, October 07, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email