Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik: Berita

Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik: Berita
Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik alias karya jurnalistik secara garis besar dibagi kedalam tiga, yaitu Berita, Feature, dan Artikel Opini.

Kali ini Komunikasi Praktis akan membahas secara ringkas tentang jenis tulisan jurnalistik berupa berita (news).

Pengertian Berita
Berita (news) adalah laporan peristiwa berupa paparan fakta dan data tentang peristiwa tersebut.

Unsur Berita
Unsur fakta yang dilaporkan mencakup 5W+1H: What (Apa yang terjadi), Who (Siapa pelaku atau orang yang terlibat dalam kejadian itu), Why (Kenapa hal itu terjadi), When (Kapan kejadiannya), Where (Di mana terjadinya), dan How (Bagaimana proses kejadiannya).

Jenis-Jenis Berita
Ada beberapa jenis berita yang dikenal di dunia jurnalistik, antara lain berita langsung (straight news), berita mendalam (depth news), berita opini (opinion news), dan berita foto.

Struktur Berita
Struktur tulisannya terdiri dari judul (head), baris tanggal (dateline), teras berita (lead), dan isi berita (body). Isi berita merupakan fakta peristiwa yang benilai berita (news value), yakni aktual, faktual, penting, dan menarik.

Prinsip Penulisan Berita
Prinsip penulisannya antara lain mengedepankan fakta terpenting (mode piramida terbalik, inverted pyramid), tidak mencampurkan fakta dan opini, dan berimbang (balance, covering both side). (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik: Berita
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, October 08, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email