Keterampilan Komunikasi: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Fungsi

Keterampilan Komunikasi
Komunikasi adalah aktivitas utama manusia dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi dengan Tuhan, sesama manusia, dan makhluk lainnya. Keterampilan Komunikasi (Communication Skills) adalah keahlian, kemampuan, atau kepandaian dalam berkomunikasi.

Komunikasi merupakan modal dan kunci sukses dalam pergaulan dan karier karena hanya dengan komunikasi sebuah hubungan baik dapat dibangun dan dibina.

Keterampilan komunikasi adalah keterampilan utama yang harus dimiliki untuk mampu membina hubungan yang sehat di mana saja, di lingkungan sosial, sekolah, usaha, dan perkantoran atau di mana saja.

Keterampilan komunikasi –seperti jurnalistik (menulis) dan public speaking (berbicara di depan umum)– dibutuhkan dalam banyak bidang pekerjaan, bahkan menjadi karier tersendiri –-wartawan, penyiar, emsi (MC), trainer, dan humas (public relations).

Keterampilan komunikasi juga dibutuhkan dalam pengembangan usaha –menjalin relasi, marketing, promosi, dll – juga dalam pengembangan dan pemberdayaan diri –personal branding/self empowering.

Ruang Lingkup Keterampilan Komunikasi

Ruang lingkup keterampilan komunikasi meliputi komunikasi lisan (oral communication), komunikasi tulisan (written communication), dan komunikasi non-verbal (non-verbal communication).

1. Keterampilan Komunikasi Lisan
  • Komunikasi lisan (oral communication) yaitu kemampuan berbicara (speaking) sehingga mampu menjelaskan dan mempresentasikan gagasan dengan jelas kepada bermacam-macam orang (audiens).

  • Kemampuan ini meliputi keahlian menyesuaikan cara berbicara kepada komunikan yang berbeda, menggunakan pendekatan dan gaya yang pas, dan memahami pentingnya isyarat non-verbal dalam komunikasi lisan.

  • Komunikasi lisan membutuhkan keterampilan latar belakang (background skills) presentasi, pemahaman tentang audiens, mendengarkan secara kritis, dan bahasa tubuh (body language).

2. Keterampilan Komunikasi Tulisan
  • Komunikasi tulisan (written communication) yaitu kemampuan menulis secara efektif dalam konteks dan untuk beragam pembaca dan tujuan. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk menulis dengan gaya dan pendekatan yang berbeda untuk pembaca atau media yang berbeda.

  • Kemampuan komunikasi tulisan juga termasuk keterampilan komunikasi elektronik seperti menulis SMS, menulis dan mengirimkan email, terlibat di "forum diskusi online" (discussion boards), ruang chating, dan pesan instan.

  • Komunikasi tulisan memerlukan background skills seperti penulisan akademis, keahlian revisi dan penyuntingan (editing), membaca kritis, dan presentasi data.

3. Keterampilan Komunikasi Non-Verbal 
  • Komunikasi non-verbal (non-verbal communication) adalah kemampuan memperkuat ekspresi ide dan konsep melalui penggunakan bahasa tubuh (body languange), gerak-isyarat (gesture), ekspresi wajah, dan nada bicara/suara (tone of voice).

  • Komunikasi non-verbal juga termasuk penggunaan gambar, ikon (icon), dan simbol.

  • Komunikasi non-verbal memerlukan background skills seperti pemahaman tentang audiens, presentasi personal, dan bahasa tubuh.
Keterampilan komunikasi, sebagaimana keterampilan lainnya, harus dilatih. Literatur dan tips-tips keterampilan menulis dan berbicara (writing and speaking skills) selalu menekankan pentingnya latihan --Practice! Rehearse!-- karena practice makes perfect! Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Sumber

» Thanks for reading: Keterampilan Komunikasi: Pengertian, Ruang Lingkup, dan Fungsi
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, October 02, 2014

2 comments:

  1. oohh my god kurang rinci dan kurang banyak :(

    ReplyDelete
  2. Ada bukunya ga ya ini? Kalo ada kr2 apa judulnya? Cz lg btuh bgt nii

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email