Kunci Sukses Program Siaran Radio

Kunci Sukses Program Siaran Radio
MENGELOLA program siaran radio harus memperhatikan sejumlah hal. Setidaknya ada empat Kunci Sukses Program siaran radio, yaitu: pendengar, penyiar, pengiklan, dan pemerintah. By Romeltea

1. Pendengar
Pendengar adalah konsumen utama radio. Program siaran radio "wajib" sesuai dengan "rasa" (taste). kebutuhan (needs), dan keinginan (want)  pendengar.

Karenanya, survei pendengar dan "mendengar dari pendengar" (menerima masukan dari pendengar) merupakan keniscayaan bagi manajer program siaran radio.an

2. Penyiar
Pendengar adalah ujung tombak radio. Penyiarlah eksekutor program siaran sekaligus kru radio terdepan yang berinteraksi langsung dengan pendengar. Program siaran yang baik tidak akan sebaik konsep acara jika dibawakan oleh penyiar yang tidak cocok dengan program yang disusun.

Para penyiar menentukan kualitas program dalam pelaksanaan (eksekusi) sekaligus menentukan citra stasiun radio.

3. Pengiklan
Iklan adalah penghasilan utama radio. Tanpa iklan, radio tidak mendapatkan pemasukan (pendapatan) untuk menutup biaya operasionalnya, kecuali ada donatur dan bantuan pemerintah. Bantun pemerintah? Rasa-rasanya belum pernah ada program bantuan pemerintah berupa dana bagi operasional radio!

Banyaknya iklan dalam sebuah program merupakan salah satu ciri sukses sebuah program radio. Sebagus dan sebanyak apa pun pendengar sebuah program siaran radio, jika tidak berhasil mendatangkan pengiklan, maka program tersebut bisa dikatakan "gagal". Pasalnya, program siaran untuk mengundang pendengar dan banyaknya pendengar untuk mengundang pengiklan.

4. Pemerintah
Pemerintah, dalam hal ini Komisi Penyiaran Indonesia, berperan besar dalam kesuksesan sebuah program, yaitu dengan pembinaan dan peringatan bahkan penghentian program siaran radio.

Manajer program siaran radio harus memahami peraturan kepenyiaran. Jangan sampai program siarannya melabrak peraturan perundangan yang berlaku.

Tips Mengelola Program Siaran Radio

Berikut ini tips mengelola program siaran radio dari Keith Jackson dkk. dalam Manajemen Detik Demi Detik: Buku Panduan untuk Manajer Radio (UNESCO Jakarta Office, 1997).
  1. Kenali pendengar Anda
  2. Rencanakan program untuk pendengar Anda.
  3. Tentukan format Anda.
  4. Tentukan kebijakan iklan Anda.
  5. Tentukan kebijakan musik Anda.
  6. Usahakan untuk memuaskan selera pendengar.
Dalam buku tersebut, halaman 172, dimuat sebuah cerita di Sydney, Australia, yang mengilustrasikan kebutuhan pendengar.

"Kami menerima telepon dari seorang pendengar wanita berusia lanjut yang menanyakan apakah stasiun akan menyiarkan kecepatan angin dan informasi cuaca. Ketika kami menanyakan mengapa, ia mengatakan: 'Supaya saya tahu kapan saya bisa pergi berbelanja tanpa jatuh terhembus oleh angin!'".

Sungguh sebuah cerita singkat yang wajib ditelaah mendalam oleh para manajer program siaran radio mana pun! Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).***

» Thanks for reading: Kunci Sukses Program Siaran Radio
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Saturday, October 04, 2014

1 comments:

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email