Spot News - Berita Apa Adanya

Spot News - Berita Apa Adanya
Spot News --kebih populer disebut Straight News-- adalah berita yang ditulis apa adanya berdasarkan fakta yang dilihat dan didengar di tempat kejadian. Berita foto juga biasa disebut Spot News.

Spot News dalam bahasa Indonesia disebut "Berita Lempang", lurus-lurus aja tanpa tendensi apa pun, menulis laporan kejadian atau peristiwa apa adanya berdasarkan observasi (liputan langsung di TKP), wawancara, dan/atau studi literatur (riset data).

Menurut dictionary.com, Spot News adalah
1. the latest news, reported immediately. 
2. news that occurs unexpectedly. 

Berita terbaru, dilaporkan segera. Berita yang terjadi tanpa diharapkan atau peristiwa yang terjadi tanpa diduga sebelumnya. Misalnya, kecelakaan hebat di jalan tol.

Spot News selalu disusun dalam bentuk atau model "piramida terbalik" (inverted pyramid), yaitu dimulai dari bagian atau fakta paling penting (biasanya unsur WHO atau WHAT), lalu unsur lainnya --makin ke bawah diisi fakta yang dinilai makin kurang penting.

Fakta terpenting itu ditulis di bagian paling atas (alinea pertama berita) yang disebut lead, teras, atau inti berita.

Bagian selanjutnya (isi berita atau body) merupakan uraian/penjelasan  dari alinea pertama tersebut, biasanya penjelasan unsur WHY dan HOW. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Spot News - Berita Apa Adanya
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, October 09, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email