Anggaran Promisi Dihapus? Optimalkan Wesite dan Media Sosial!

Optimalkan Wesite dan Media Sosial
PEMERINTAH berencana menghapus anggaran promosi di setiap kementerian. Pasalnya, seperti diberitakan detik.com, pos anggaran promosi dinilai tidak berjalan efektif. 

Presiden Joko Widodon (Jokowi) langsung yang menyatakan akan menghapus anggaran promosi tersebut.

"Enggak ada lagi anggaran promosi di setiap kementerian," kata Presiden Jokowi saat berbicara di depan Kompas 100 CEO Forum di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Jokowi ingin bagian promosi akan dikelola oleh satu badan saja. Badan inilah yang nama dan teknis pengerjaannya masih terus digodok.

Selama ini Jokowi menilai setiap kementerian malah berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya koordinasi. Belum lagi perangai dari pegawai kementerian yang disebut Jokowi bermental proyek.

"Karena mereka orientasi proyek, kalau sudah foto-foto, SPJ, sudah 'kan gitu," sindirnya.

Dipastikan, anggaran tiap kementerian akan berkurang untuk promosi yang biasanya dilakukan oleh bagian Humas (PR).

Namun, jika memang ingin gencar berpromosi, tipa Humas Kementerian tak usah khawatir. Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan situs web kementerian dan akun media sosialnya (media online).

Syaratnya, staf humas kementerian piawai menulis dan mengelola website serta media sosialnya (media online). Maka, diperlukan SDM dengan skill menulis dan memahami dunia blogging dan media sosial.

Optimalisasi website instansi dan media sosial sebenarnya sudah diperintahkan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sejak 2008. Namun, masih banyak instansi, termasuk kementerian, yang "lalai" melaksanakan amanat UU tersebut.

Masih banyak --kalau tidak kebanyakan-- website instansi/kementerian yang jarang di-update. Padahal, website dan media sosial merupakan sarana promosi dan penyebaran informasi terbaik di era internet sekarang ini. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Anggaran Promisi Dihapus? Optimalkan Wesite dan Media Sosial!
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, November 07, 2014

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email