Judul Kasar di Berita Situs Pos Kota Online

Judul Kasar di Berita Situs Pos Kota Online
"Mahasiswi Cantik Tapi Goblok Diperdayai Paranormal Cabul". Demikian judul tulisan di laman Pos Kota News. Bayangkan, bagaimana perasaan mahasiswi (korban) jika membaca judul berita tersebut?

Wartawan Pos Kota yang menulis berita/feature tersebut, jelas AMATIR dan TIDAK BERPERASAAN. Ia sama sekali "tidak memiliki hati", tidak berempati kepada korban!

Itu contoh judul berita yang BURUK, JELEK, bahkan justru judul berita itulah yang goblok. Pos Kota memang dari dulu dikenal sebagai Koran Kuning (Yellow Papers). Koran yang suka bikin sensasi dan mengandalkan berita sensasional seputar kriminalitas dan seks (sex and crime journalism).

Kata Goblog jelas kasar. Menurut Kamus Bahasa, kata "goblok" artinya "bodoh sekali" dan "tuli".

Tidak layak digunakan dalam judul berita, apalagi dalam judul di atas "menabur garam dalam luka" kepada korban.

Perhatikan salah satu alineanya: "Anehnya, Fenti langsung percaya saja. Mestinya kan dia bisa cek kepada teman yang memperkenalkan kali pertama dulu, betulkah Somad ini paranormal. Kalau iya, sampai di mana jejak rekamnya. Tapi ya itu tadi, karena cantik tapi goblog, Fenti kehilangan daya kritisnya mahasiswi."

Judul dan isi berita di atas sama sekali bukan contoh yang bagus buat mahasiswa jurnalistik dan para wartawan junior. Wasalam. (http://www.komunikasipraktis.com).*


» Thanks for reading: Judul Kasar di Berita Situs Pos Kota Online
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, December 21, 2014

1 comments:

  1. Mas bro, katanya pos kota itu didirikan oleh hari-hari omong kosong, Harmoko ya?

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email