Pengertian Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan

Makna, Arti, Definisi, dan Perbedaan Pengertian Slogan, Tagline, Jargon, dan Semboyan. Beda tapi Sama?




Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan

SEKILAS tidak ada perbedaan antara pengertian Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan. Kelimanya dipahami sebagai sebuah kalimat pendek yang menjadi ciri khas merek dagang (produk) atau sebuah lembaga.

Blog ini pun punya slogan/tagline: writing & speaking skills. Berikut ini contoh slogan/tagline produk dan lembaga ternama:
  1. Just Do It (Nike) 
  2. Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah (Pegadaian).
  3. Think Different (Apple)
  4. Happiest Place in The Earth (Disneyland)
  5. The World in Your Hand (Telkom).
  6. Be What's Next (Microsoft).
Lalu, apa bedanya Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan? Kita bisa menyimaknya dalam pengertian-pengertian keempat istilah itu secara bahasa.

Pengertian Slogan

Menurut KBBI,  slogan adalah
  1. Perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu, misalnya negara ASEAN berpegang pada slogan "untuk tetap hidup berdampingan secara damai"; 
  2. Perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dsb: misalnya "usaha peningkatan kesejahteraan rakyat" tetap merupakan slogan yang selalu memikat.

Pengertian Tagline 

Istulah tagline berasal dari bahasa Inggris. Kata ini belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia, juga belum ada di KBBI.

Merujuk kepada kamus-kamus bahasa Inggris, pengertian tagline identik dengan slogan. Tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah brand (merek) atau perusahaan di benak konsumen, misalnya tagline lampu Philips "Terus Terang Philips Terang Terus".

Eric Swartzm, seorang penulis dan ahli brand tagline mendefinisikan tagline sebagai "susunan kata yang ringkas (biasanya tidak lebih dari 7 kata), diletakkan mendampingi logo dan mengandung pesan brand yang kuat ditujukan kepada audience tertentu".

Secara bahasa, menurut kamus, tagline adalah:
  1. a catchphrase or slogan, especially as used in advertising, or the punchline of a joke. (Oxford Dictionaries).
  2. [1] a final line (as in a play or joke); especially :  one that serves to clarify a point or create a dramatic effect; [2] a reiterated phrase identified with an individual, group, or product. (Merriam-Webster).
Ringkasnya, tagline adalah kata atau frasa yang mudah diingat dan digunakan oleh kelompok atau bisnis untuk menarik perhatian (a word or phrase that is easy to remember and is used by a group or business to attract attention.)

Pengertian Motto

Dalam KBBI, moto berarti kalimat, frasa, atau kata yang digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip, seperti "berani karena benar" atau "berani berbuat berani bertanggung jawab".

Moto dapat juga diartikan sebagai kalimat, frasa, atau kata yang tertera di atas sesuatu yang menggambarkan sifat atau kegunaan benda itu, seperti "membersihkan paling bersih".

Pengertian Semboyan

Semboyan identik dengan moto. Dalam KBBI disebutkan, semboyan adalah kata atau perkataan rahasia yang dipakai sebagai alamat untuk mengetahui (mengenal) kawan sendiri; perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); inti sari suatu usaha dsb.

Pengertian Jargon

Jargon adalah istilah khusus yang dipergunakan di bidang kehidupan (lingkungan) tertentu. Misalkan jargon komputer berarti istilah-istilah yang berhubungan dengan komputer secara khusus. 


Berikut ini Referensi Online tentang Pengertian Slogan, Tagline, Jargon, dan Moto dalam bahasa Inggris dan praktiknya:
  1. Taglines vs Slogans vs Mottos vs Straplines.
  2. Radio Station Advertising Slogans.
  3. Radio Slogans.
  4. Radio Taglines.
  5. Slogans.
Apa pun pengertian Slogan, Tagline, Jargon, Moto, dan Semboyan yang sebenarnya, yang jelas ia adalah kalimat untuk brand positioning yang menjadi ciri khas, pembeda, dan "bahasa iklan" untuk menarik minat publik. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

6 Comments

  1. nah-siip, inilah yg aku cari, definisi yang disertai bukti dan data yg akurat, great article, makasih.

    ReplyDelete
  2. makasih admin, saya sangat terbantu dengan artikel anda hehehe

    ReplyDelete
  3. istilah2 itu memang susah dibedakan :)

    ReplyDelete
  4. trims infonya y,....

    ReplyDelete
  5. AnonymousJuly 22, 2022

    Thx infonya.

    ReplyDelete
  6. Jargonnya mana?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post