7 Komandemen bagi Wartawan Baru (New Journalists)

wartawan modern
KOMANDEMEN yaitu maklumat, perintah, atau pedoman dasar. Berikut ini pedoman dasar yang harus menjadi panduan bagi wartawan baru atau mahasiswa jurnalistik yang akan memasuki dunia media massa.

Pedoman dasar ini dimuat bighow. Berikut ini ulasannya dengan penambahan dan pengurangan agar lebih jelas dan praktis.

The 7 Commandments for New Journalists

1. Tida ada masalah dengan jurnalisme.
There is no problem with Journalism. Berita atau informasi sudah menjadi kebutuhan dasar manusia. Publik selalu butuh informasi dan reporter. Informasi yang aktual, faktual, penting, dan menarik diproduksi oleh reporter.

"Don't Save Journalism - Save Honest Communication," kata David Cohn, Founder Spot.us. Tidak ada istilah "Selamatkan Jurnalisme" karena tidak ada masalah soal jurnalistik. Yang harus diselamatkan adalah "komunikasi yang jujur".

2. Orang Berani Membayar Jurnalisme Kualitas Tinggi
People pay for high quality journalism. Publik siap mengeluarkan biaya untuk produk jurnalistik berkualitas tinggi, yaitu berita yang didapatkan dan disusun dengan memenuhi kaidah jurnalistik --verifikasi, konfirmasi, aktual, faktual, penting, menarik, berimbang, lengkap.

3. Lakukan peliputan dengan baik.

As long as you will cover the news in a no-bullshit way, you will do fine. People will come read your stuff. Selama Anda akan meliput berita dalam cara yang baik, Anda akan melakukannya dengan baik. Orang akan membaca tulisan Anda.

4. Jadilah jurnalis yang baik, unik, dan bernilai.
Be a good, unique, and valuable journalist. Pastikan Anda memiliki wawasan dan keterampilan jurnalistik yang baik dan memadai.

5. Buat Blog Sekarang Juga!
If you want to do journalism, launch a blog right now and get on with it. If you are unique and fill a need, you will succeed.

Blogging adalah sarana terbaik untuk mengasah keterampilan menulis, memahami dunia online, dan berinteraksi dengan publik.

6. Pelajari bagaimana berinteraksi dengan orang secara online.
Learn how to interact with people online. Komentar blog, forum, tanya jawab twitter, terlibat dengan orang-orang di media sosial.

7. Baca bacaan yang baik.
Read good stuff. Wartawan yang baik akan rajin baca sehingga berwawasan luas. Ikuti perkembangan isu di media sosial dan blog.

Demikian 7 Komandemen bagi Wartawan Baru (New Journalists) versi Big How. Tidak ada yang salah dengan pandangan di atas. Wartawan yang baik tidak sekadar mahir menulis berita, tapi juga berwawasan luas dan "gaul". Wasalam. ((http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: 7 Komandemen bagi Wartawan Baru (New Journalists)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, April 24, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email