Mengintip Pendapatan Media Online (Situs Berita)

 Pendapatan Media Online (Situs Berita)
Sama seperti para blogger,  sumber utama pendapatan media online (situs berita) adalah iklan Google (Adsense).

BISNIS media sangat tergantung pada iklan sebagai sumber pendapatan, terutama media online, situs berita, atau portal berita (news portal).

Media cetak masih ada pendapatan dari penjualan (oplah), selain iklan. Namun, media online "sepenuhnya" bergantung pada iklan.

Tahun 2013, kue iklan media digital Indonesia mencapai Rp1,5 triliun. Namun, 70 persen di antaranya masuk ke media digital asing seperti Google, Yahoo, Twitter, dan Facebook. (Sumber).

Akibatnya, ,edia online Indonesia hanya mengharapkan cipratan dari iklan dari Google dalam bentuk Google Adsense (GA).

Google membayar media online yang memasang iklan dari mereka dengan sistem per klik. Jika tidak ada pembaca yang mengklik iklan, maka tetap saja perusahaan media tidak mendapatkan pendapatan dari iklan yang dipasang di situs mereka.

Begitu juga jika sebuah situs online hanya dikunjungi di bawah 5.000 pengunjung, dipastikan pendapatannya tidak sampai US$5 per hari. Itu sebabnya, beberapa media online harus mencari pendapatan alternatif jika tidak ingin kolaps.

EMPAT SUMBER
Sebenarnya sumber pendapatan atau penghasilan (income) media online setidaknya ada empat:
  1. Iklan
  2. Sindikasi
  3. Pelanggan Berbayar
  4. Penjualan Konten. 
Namun, jika kita perhatina, tampaknya hanya detik.com yang banyak iklan selain Iklan Google (Adsense).

Sindikasi tampaknya tidak berjalan. Sindikasi yaitu penjualan konten ke media lain (koran, radio, televisi, portal lain) serta perusahaan/lembaga yang membutuhkan. Media lain, juga situs berita lain, kini mendapatkan berita dengan "gratis", tinggal copy paste, edit sedikit, dan sebutkan sumber.

Pelanggan Berbayar juga tidak berjalan. Mungkin baru "koran online" (digilat newspaper) yang berjalan dan tampaknya juga tidak maksimal.

Penjualan Konten, misalnya via SMS, juga tampaknya tidak berjalan.

Dengan demikian, saat ini sumber utama media online sama dengan para blogger, yaitu dari Google Adsense. Google menjadi "rajanya" penghasil dolar saat ini. Dikutip detikINET kutip dari Reuters (2/2/2015), sepanjang kuartal keempat 2014 lalu Google mencatatkan pendapatan US$14,5 miliar. Naik 17% pertumbuhannya dibandingkan periode sama 2013 lalu yang sebesar US$12,4 miliar. Wow 'kan?

KUNCI SUKSES
Kunci sukses meraih penghasilan besar adalah traffic atau jumlah pengunjung. Kunci banyak pengunjung adalah popularitas situs. Kunci popularitas adalah Konten Berkualitas, update, fresh, dan variatif. What do you think? (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Mengintip Pendapatan Media Online (Situs Berita)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, April 07, 2015

2 comments:

  1. Benar sekali bro...
    tapi selain google adsent sekarang ada juga kiosked dan ambient dll sebagainya....

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email