Memalukan! Situs Berita Memberitakan Hoax

Memalukan! Situs Berita Memberitakan Hoax
Mereka Memberitakan HOAX Kota Dearborn Amerika Memberlakukan Syariat Islam.

INI Memalukan! Situs Berita Kok bisa-bisanya Memberitakan Hoax alias Pemberitaan Palsu (bohong). Penyebabnya "sepele", yakni ketidaktahuan wartawan bahwa situs yang dikutip atau sumber berita adalah situs "bohongan" yang berisi berita-berita satir (sindiran).

Berita HOAX yang dimaksud adalah sebuah kota di Amerika Serikat, Dearborn, di negara bagian Michigan, menerapkan syariat Islam.

Menggelikan sekali, berita satir "ditelan mentah-mentah" menjadi berita yang terkesan beneran. Wartawan, tanpa menerapkan disiplin verifikasi, fairness doctrine, serta cek dan ricek, langsung "menerjemahkan" berita tersebut apa adanya, tanpa mengecek status situs tersebut.

Sumber berita yang dimuat situs web satir National Report itu adalah City in Michigan First to Fully Implement Sharia Law.

Situs web satir artinya situs yang berisi berita sindiran, bukan berita beneran, seperti diberitakan Huffington Post: Dearborn, Michigan Is Under Sharia Law, Says Satirical Website.

Sayangnya, berita itu dianggap beneran oleh wartawan merdeka.com dengan menulis berita: Ini kota pertama di Amerika yang terapkan syariat Islam.

Alhasil, karena mempublikasikan Hoax, yang menunjukkan disiplin verifikasi sama sekali diabaikan oleh merdeka.com, sejumlah netizen "menghujat" wartawan dan merdeka.com karena "kebodohannya" tertipu oleh sebuah informasi palsu (hoax).

Tidak hanya merdeka.com dan afiliasinya, sejumlah situs lain juga sama "jahil"-nya dengan mudah percaya begitu saja dan "copas" berita tersebut, tanpa tabayyun atau cek dan ricek.
Sebut saja :
Tentu ini memalukan bagi media-media tersebut. Mereka "ditertawakan" pembaca, terlebih ditertawakan pengelola situs satir National Report.

Banyak situs atau media online lainnya yang kemudian "copas" berita hoax tersebut, antara lain dream.co.id dan brilio.com (kelompok merdeka) dan tribunnews.com serta sejumlah blogger:
  1. Kota Dearborn di Amerika Serikat Terapkan Syariat Islam ...
  2. Ini Nama Kota di Amerika yangTerapkan Hukum Syariat Islam
  3. Pertama dalam sejarah di Amerika, kota ini terapkan syariat ...
  4. Amerika Ternyata Juga Punya Kota yang Gunakan Hukum ...
  5. Dearborn, Kota Syariat Islam Pertama di AS
  6. Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam ...
  7. Subahanaloooh!!! Inilah Kota Pertama di AS yang Terapkan ...
Semoga wartawan kita lebih hati-hati dan tidak menjukkan "kebloonan"-nya dengan sembarangan mengutip atau menerjemahkan sebuah berita, tanpa disiplin verifikasi yang menjadi "rukun membuat berita" yang baik dan benar.

Sebagai pembaca, kita pun harus bisa cerdas dalam memilih dan memilah berita, jangan sampai terkesan "bloon" atau "jahil" juga dengan mudah percaya begitu saja atas info yang muncul.

Dalam kasus hoax kota pertama di Amerika yang menerapkan syariat Islam tersebut, jelas ini kebodohan dan kecerobohan wartawan/redaksi situs-situs berita yang memuatnya. Semoga tidak terulang. Wasalam. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Memalukan! Situs Berita Memberitakan Hoax
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, June 18, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email