Tips Public Speaking: Ceramah Tarawih & Subuh

Tips Public Speaking: Ceramah Tarawih & Subuh
Tips Public Speaking: Teknik Ceramah Tarawih & Subuh yang Efektif
 
SETIAP bulan Ramadhan, masjid-masjid biasa menggelar shalat tarawih dan Subuh berjamaah, selain shalat rawatib.

Biasanya, sebelum shalat taraweh dilakukan, ada ceramah ringkas (tausiyah, kultum). Demikian pula ada tausiyah ringkas setelah shalat berjamaah Subuh.

Dalam perspektif komunikasi praktis, ceramah, tausiyah (memberi nasihat), atau kultum (kuliah tujuh menit) disebut Public Speaking, yaitu berbicara di depan umum.

Ceramah tarawih dan subuh bisa disebut juga sebagai "komunikasi kelompok" (group communications), yakni satu orang --dalam hal ini penceramah-- berbicara atau menyampaikan pesan kepada sekelompok orang (hadirin, dalam hal ini jamaah masjid).

Agar menarik dan tidak membosankan, ceramah tarawih dan Subuh --dalam perspektif komunikasi praktis/public speaking-- hendaknya:
  1. Ringkas (brief)
  2. Jelas (clear)
  3. Aktual 

Tips Public Speaking: Ceramah Tarawih & Subuh

Ringkas 
Ceramah tarawih biasanya disampaikan dalam waktu antara 15-30 menit. Namun, 30 menit akan terasa terlalu lama. Idealnya cukup 15 menit saja.

Apa yang bisa disampaikan dalam waktu 15 menit? Penceramah mengangkat satu topik saja, misalnya membahas satu tema berdasarkan satu hadits dan satu ayat saja. Jangan melebar ke mana-mana.

Jamaah akan lebih menyimak ceramah yang ringkas. Ceramah yang terlalu lama akan kontraproduktif karena mudah terlupakan. Ringkas akan lebih mengena dan berbekas!

Banyak penceramah yang berlama-lama menyampaikan tausiyah. Umumnya karena terlalu banyak menyampaikan ayat dan hadits, juga ingin "menyampaikan banyak hal" sehingga melebar ke mana-mana.

JelasKata-kata disampaikan dengan suara atau vokal yang jelas. Demikian juga pesan yang disampaikan. Fokus adalah kuncinya. Fokus membahas satu masalah didukung fakta dan dalil.
 

Aktual
Masalah yang diangkat dalam ceramah taraweh dan subuh hendaknya mengangkat tema yang sedang hangat atau ramai dibicarakan. Bisa juga tema yang sudah ditentukan panitia, lalu sang penceramah mengaitkannya dengan isu aktual agar lebih menarik.

Secara umum, ceramah tarawih dan Subub yang menarik adalah ceramah yang menjalankan Teknik Dasar Komunikasi Efektif, termasuk formula REACH.

Melakukan persiapan, latihan, rileks, dan memahami karakter audiens juga termasuk bagian dari tips sukses Ceramah Tarawih & Subuh Ramadhan atau trik sukses berbicara di depan umum (public speaking). Wasalam. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Tips Public Speaking: Ceramah Tarawih & Subuh
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, June 16, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email