Contoh Naskah MC (Pemandu Acara) untuk Acara Agustusan

Contoh Naskah MC (Pemandu Acara) untuk Acara Agustusan
Logo Resmi HUT RI 2016.*
Contoh Naskah MC (Pemandu Acara) untuk Acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI.

BANYAK Master of Ceremony (MC) --Emsi, Emcee, atau Pemandu Acara, Pembawa Acara-- yang  sibuk ngemsi di bulan Agustus, baik MC profesional maupun MC "dadakan" (kalau tidak disebut "amatir").

Bulan Agustus adalah bulan suka-cita bangsa Indonesia. Di bulan inilah, tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Acara Agustusan --sebutan untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI-- pun berlangsung mulai tingkat RT/RW hingga tingkat nasional.

Tugas Pokok MC
Layaknya sebuah acara, Agustusan pasti membutuhkan MC sebagai pemandu jalannya acara. Tugas pokok emsi dalam acara apa pu terangkum dalam T.I.M, yaitu:

1. Timer.
MC bertugas memastikan acara berlangsung tepat waktu (on time), mulai pembukaan hingga penutupan.
 
2. Introducer.
Seorang pemandu acara bertugas mengenalkan pembicara, pemateri, atau siapa yang akan tampil (perform) di panggung, sekaligus "mengabsen" atau mempersilakan tampil sesuai dengan urutan yang sudah disusun.


MC juga mengumumkan susunan acara, mulai pembukaan hingga acara terakhir dan penutup. MC pula yang menyambut hadirin, menyapa "tamu khusus", mengumumkan sponsor, dan mengendalikan jalannya acara secara keseluruhan.


3. Mood Setter
Mood setter artinya MC harus mampu membangkitkan antusiasme dan semangat hadirin (audiens) dalam mengikuti dan memeriahkan jalannya acara.

MC memimpin audiens untuk tepuk tangan, mungkin juga meneriakkan yel-yel, dan hal lain yang makin memeriahkan acara.

MC Agustusan
MC Agustusan artinya pemandu acara peringatan HUT Kemerdekaan RI. Acara ini bisa dibilang "semiformal" jika ada "segmen" acara Lagu Kebangsaan Indonesia Raya plus hormat bendera, sebelum acara lomba-lomba dan hiburan.

Pemandu Acara Agustusan harus "gila" atau "heboh" karena acara ini adalah acara suka-ria. Improvisasi dibutuhkan untuk menghidupkan acara, termasuk melakukan "bridging" --memandu perpindahan satu mara acara ke mata acara lainnya atau satu penampil ke penampil lainnya.

Dalam lomba Agustusan, MC harus mampu memeriahkan jalannya lomba dengan komentar "segar" dan meriuhkan suasana.


Contoh Naskah MC Agustusan

Naskah MC Agustusan tergantung susunan acara yang disepakani panitia. Sebaiknya, khususnya jika acara Agustusannya dilakukan tepat tanggal 17 Agustus, acara dibuka dengan "seremonial", misalnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya sambil menaikkan bendera Merah Putih.

Setelah itu, ada "mengheningkan cipta" dan/atau doa untuk para pahlawan kemeerdekaan, dilanjutkan dengan acara "seru-seruan" seperti lomba-lomba khas Agustusan dan hiburan.

Berikut ini contoh naskah MC Agustusan Tingkat Kelurahan. Acara dilakukan di Depan Kantor Kelurahan. Panggung hiburan dan lomba-lomba juga ada di sana.

Tahap Awal (Pra-Acara)
MC memberikan sinyal bahwa acara segera dimulai: Mohon perhatian... acara akan segera dimulai.


Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.
Bapak Lurah beserta Ibu yang kami hormati.
Para Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat yang kami hormati.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, saudara-saudara sekalian yang kami hormati.
Rekan-rekan Karang Taruna Panitia Agustusan dan adik-adik yang kami cintai.

Alhamdulillah, kita bisa berkumpul bersama di sini, untuk memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Atas nama Panitia Penyelenggara, kami mengucapkan terima kasih atas kehadirin bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua yang hadir di sini untuk memeriahkan acara Agustusan tingkat Kelurahan <Nama Kelurahan>

Hadirin yang kami hormati... Rangkaian acara yang akan kita ikuti dalam Perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini sebagai berikut:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, diteruskan dengan mengheningkan cipta
3. Sambutan-sambutan
4. Penyerahan Hadiah
6. Penutup/Do'a
7. Hiburan

Acara pertama, pembukaan, mari kita bersama-sama membuka acara ini dengan ucapan basmalah... Bismillahirrohmaanirrohim....

Kita lanjutkan ke acara berikutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Hadirin kami persilakan untuk berdiri....

Yang bertindak sebagai konduktor atau dirigen adalah rekan kami, Saudara <Nama>. Kepada <Nama> kami persilakan...!  
<Menyanyikan Lagu Indonesia Raya>

Hadirin yang kami hormati... Untuk mengenang jasa para pahlawan, marilah kita sejenak mengheningkan cipta, berdo'a kepada Allah, semoga arwah para pahlawan mendapat tempat di sisi-Nya.

Mengheningkan cipta, mulai...!
<Mengheningkan Cipta, Posisi Hadirin Masih Berdiri>

Selesai! Hadirin kami persilakan duduk kembali...

Hadirin yang kami hormati, acara selanjutnya sambutan-sambutan.

Sambutan pertama oleh Ketua Panitia Penyelenggara, yaitu <Nama Ketua Panitia>. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan...!

<Sambutan Ketua Panitia>
Terima kasih <Nama Ketua Panitia>.... Sambutan kedua oleh Bapak Lurah <Nama Lurah>. Kepada Pak Lurah, silakan, Pak....!

<Sambutan Lurah>
Terima kasih, Pak Lurah.
Selanjutnya penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba HUT RI tahun ini. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dipimpin langsung Ketua Panitia. Kepada <Nama Ketua Panitia> kami persilakan....

<Pengumuman dan Penyerahan Hadiah>

Selamat kepada para pemenang.... Semoga hadiahnya bermanfaat...

Hadirin yang kami hormati, setelah ini kita akan saksikan acara hiburan. Banyak sekali yang akan tampil dan memeriahkan acara Agustusan kita kali ini.

Namun sebelumnya, kita tutup dulu acara resmi peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini dengan Pembacaan Doa, yang akan dipimpin Ketua MUI Kelurahan <Nama Kelurahan>, yaitu Bapak Kiai Haji <Nama Ketua MUI>.

Kepada Pak Kiai, kami persilakan....! 
<Pembacaan Doa>

Amin Ya Robbal 'Alamin....  Terima kasih Pak Kiai....

Hadirin yang berbahagia, saatnya kita menikmati berbagai hiburan pada acara perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI ini.

Demikian Contoh Naskah MC (Pemandu Acara) untuk Acara Agustusan. Tentu, tidak "baku" seperti di atas, tapi setidaknya itulah gambaran naskah MC Acara Peringatan HUT Kemerdekaan RI.  Semoga bermanfaat. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Contoh Naskah MC (Pemandu Acara) untuk Acara Agustusan
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Saturday, August 15, 2015

6 comments:

  1. jadi ingat pas jadi bagian humas ketika jadi panitia 17an di kampung saya..wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan efektif nih...

    ReplyDelete
  2. gan mau nanya dong.. kalo acara semi resmi sama tidak resmi itu, contohnya apa aj?

    ReplyDelete
  3. bgus gan, izin sedot buat tugas y

    ReplyDelete
  4. jadi ingat waktu jadi paskira tahun 2015-2016

    ReplyDelete
  5. sangat membantu, bagi sy yg masih amatiran di tunjuk untuk jadi mc 17 agustus hehehe.....

    ReplyDelete

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email