Komunikasi Pemasaran - Kunci Sukses Bisnis Online

Marketing Communications strategy
Marketing Communications Strategy (howtoffer.com).*
Komunikasi Pemasaran (Marketing Communications) Kunci Sukses & Gagal Bisnis Online.

KOMUNIKASI Pemasaran adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dan kegagalan bisnis/usaha, termasuk bisnis online.

Belakangan ini marak komentar spam di blog atau situs-situs berita dan komentar facebook dari pelaku bisnis online. Ketika ada berita yang diperkirakan dibaca banyak orang, alih-alih berkomentar yang "nyambung" dengan isi berita, pelaku bisnis online malah "nyepam" dengan mempromosikan produknya.

Tidak salah, namun kurang tepat. Pasalnya, komentar spam demikian hanya akan menurunkan kredibilitas bisnis online. Alih-alih calon pembeli datang, justru mereka malah "enek" membaca komentar spam tersebut.

Secara praktis, komunikasi pemasaran adalah proses penyampaian pesan untuk mempromosikan atau mengenalkan produk/jasa kepada calon konsumen.

Di halaman Wikipedia disebutkan, komunikasi pemasaran (marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual.

Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.

Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. 

Komunikasi pemasaran paling efektif saat ini adalah melalui internet dengan memanfaatkan website (blog) dan media sosial, namun bukan dengan cara menebar komentar spam di situs orang lain.

Referensi lebih lengkap, banyak sekali pakar komunikasi pemasaran yang berbagi strategi dan tips. Kita tinggal Googling dengan kata kunci "komunikasi pemasaran", "online marketing", atau "internet marketing". Tinggal pilih dan terapkan sesuai dengan jenis bisnis dan sarana yang dimiliki. (http://www.komunikasipraktis.com).*

Post a Comment

Previous Post Next Post