Hakikat Komunikasi

Hakikat Komunikasi
HAKIKAT komunikasi (the essence of communication) adalah penyampaian pesan (message).

Dengan adanya pesanlah sebuah komunikasi dimulai dan terjadi. Tanpa ada pesan, tidak akan ada komunikasi. Jadi, pesan adalah inti komunikasi dan hakikat komunikasi adalah penyampaian pesan.

Hakikat komunikasi adalah proses pernyataan antarmanusia. Yang dinyatakan itu adalah pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai alat penyalurnya.

Dalam “bahasa” komunikasi, pernyataan dinamakan pesan (message), orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator (communicator), sedangkan orang yang menerima pesan diberi nama komunikan (communicatee).

Maka lebih jelasnya, komunikasi berarti proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan (Effendi, 1993: 28).

Istilah komunikasi atau dalam Bahasa Inggris Communication berasal dari kata Latin Communicatio dan berasal dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna. 

Effendi (2000: 5) mendefenisikan komunikasi sebagai proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau merubah sikap dan pendapat baik secara langsung dan tidak langsung melalui media.

Pemahaman pengertian komunikasi sehingga dapat dilancarkan secara efektif, para peminat komunikasi sering mengutip paradigma yang dikemukakan oleh Harold Laswell dalam karyanya The Structure and Function of Communication in Society, yang menjelaskan teori komunikasi dengan menjawab pertanyaan: “who says what in which channel to whom with what effect?”.

Paradigma ini menunjukkan unsur komunikasi (Effendi, 2000: 10), dengan kata lain dalam setiap peristiwa komunikasi terdapat komponen-komponen sebagai berikut:

a. Komunikator (communicator, source, sender)
b. Pesan (message)
c. Media (channel, media)
d. Komunikan (communicant, communicatee, receiver, recipient)
e. Efek (effect, impact, influence.

Demikian hakikat atau esensi komunikasi. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Hakikat Komunikasi
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, October 28, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email