Pengertian Feature - Tulisan Jurnalistik Kreatif & Subjektif

Pengertian Feature
Pengertian Lengkap & Definisi Feature, Karya atau Tulisan Jurnalistik Kreatif, Subjektif, Menarik, dan Mengandung Human Interest.

FEATURE adalah salah satu jenis tulisan atau karya jurnalistik, selain Opini dan Berita. Feature (baca: ficer) merupakan tulisan yang awet, tidak akan basi, tetap aktual, karena menggabungkan fakta, opini, dan gaya bahasa sastra (berona, colorful words) yang menambah "unsur drama" dan mengisahkan kejadian atau mengulas peristiwa.

Dalam "kamus Google" kita menemukan pengertian feature sebagai  "artikel suratkabar atau majalah atau program penyiaran yang membahas topik tertentu" (a newspaper or magazine article or a broadcast program devoted to the treatment of a particular topic).

Pengertian Feature Secara Bahasa
Secara bahasa, sebagai kata benda (noun), feature bermakna ciri, sifat, keistimewaan, segi, corak, artikel, karangan, dan film utama. Sebagai kata kerja (verb), feature berarti mengutamakan,menonjolkan, dan membayangkan.

Asal kata feature adalah "facture" yang berkaitan dengan "cara menggambar".

asal kata feature


Pengertian Feature secara Istilah (Jurnalistik)
Menurut wartawan senior, Farid Gaban, definisi klasik mengenai feature yaitu "artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi in formasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan atau aspek kehidupan."

Pengertian Feature tersebut juga dimuat dalam buku Seandainya Saya Wartawan Tempo:

"Feature adalah artikel yang kreatif, kadang-kadang subjektif, yang teutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan, atau aspek kehidupan."

Feature adalah tulisan yang --meminjam prinsip Tempo-- enak dibaca dan perlu, bahkan jenakan pun bisa.

Menurut Asep Syamsul M. Romli dalam Kamus Jurnalistik (Simbiosa Rekatama Media, 2008), feature adalah karangan khas yang berbeda dari berita (news) dan opini (views):

Feature - Karangan Khas. Jenis tulisan di media massa selain berita dan artikel yang menuturkan fakta, peristiwa, atau proses disertai penjelasan riwayat terjadinya, duduk perkaranya, proses pembentukannya, dan cara kerjanya, dengan menggunakan gaya atau teknik penulisan karya sastra seperti cerpen atau novel. 


Menurut Romli, sifat tulisan feature lebih “menghibur” dan “menjelaskan masalah” daripada sekadar “menginformasikan”.

Ringkasnya, feature adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca. (LeSPI, 1999-2000).

Contoh Feature
Salah satu jenis tulisa feature adalah Feature Human Interest, yaitu Feature yang muatan isinya langsung dapat menyentuh rasa perikemanusiaan pembaca, seperti kegembiraan, kejengkelan, bahkan kebenciannya.

Contohnya adalah feature tentang anak jalanan di Jakarta, perilaku penyimpangan seksual di kalangan remaja, merebaknya perilaku peyalahgunaan narkoba, dan sejenisnya.

Feature yang sering muncul di media adalah dalam sebuah peristiwa bencana, misalnya, muncul fakta lain yang tidak terungkap dalam pemberitaan. Itulah yang dijadikan bahan tulisan feature. 



Feature terpopuler adalah Feature Tips (How to do it). Misalnya, tentang cara menghindari jerawat, cara merangkai bunga, tekni mengoperasikan kamera, dan sejenisnya.

Demikian contoh tulisan feature yang memperjelas pengertian atau makna feature sebagai karya jurnalistik. (http://www.komunikasipraktis.com/).*

Baca Juga:

» Thanks for reading: Pengertian Feature - Tulisan Jurnalistik Kreatif & Subjektif
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Friday, October 16, 2015

1 comments:

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email