Tips Mengatasi Gugup dalam Public Speaking

Cara Mengatasi Gugup, Grogi, Nervous, atau Demam Panggung dalam Public Speaking, Pidato, atau Presentasi.

Tips Mengatasi Gugup dalam Public Speaking
GUGUP merupakan salah satu "penyakit" atau masalah besar dalam Public Speaking. Banyak orang salah ucap, salah bicara, bahkan nge-blank disebabkan gugup saat rampil di podium.

Apa penyebabnya? Penyebab utama gugup adalah tidak biasa atau tidaka terlatih. Orang yang belum pernah berbicara di depan umum akan mengalaminya. Itu wajar dan bisa dimaklumi.

Maka, untuk mengatasinya adalah dengan LATIHAN sehingga akan TERLATIH. Latihan akan membuat kita TERBIASA dan menjadi PERCAYA DIRI.

Latihan pidato bisa dilakukan sendiri, di depan cermin, di depan kucing, di depan teman-teman, atau bahkan di kamar mandi! Di mana saja, bebas. Intinya... LATIHAN!

Penyebab kedua GUGUP adalah tidak menguasai materi. Maka, kuasailah, pahami, pelajari, atau dalami tema/topik pembicaraan.

Orang yang menguasai suatu masalah, dipastikan lancar tanpa kendala ketika berbicara masalah tersebut.

Selain kedua hal tadi, cara mengatasi gugup juga bisa dengan teknik pernapasan, yaitu menarik napas panjang sebelum tampil atau sebelum memulai pembicaraan.

Selain menarik napas, juga lakukanlah relaksasi dan SENYUM! Senyum adalah kekuatan untuk membuat kita rileks, nyaman, juga sangat bagus untuk memberi kesan ramah (friendly) kepada audiens.

Kesimpulan
Penyebab Utama Gugup:
  1. Tidak Biasa
  2. Tidak Menguasai Masalah
Cara Mengatasi Gugup:
  1. Latihan
  2. Menguasai/Memahami Topik Pembicaraan
Itulah sebagian tips mengatasi gugup dalam public speaking. Selamat berlatih! (www.komunikasipraktis.com).*

1 Comments

Previous Post Next Post