Buletin Kampus dan Pelatihan Jurnalistik yang Menarik

Buletin Kampus dan Pelatihan Jurnalistik yang Menarik

TANYA:
Saya mau konsultasi mengenai bagaimana caranya agar buletin kampus yang kami buat bisa menarik? Buletin ini ditujukan bagi seluruh civitas akademika. Tujuannya menginformasikan hal-hal yang berkenaan dengan kehidupan kampus, mahasiswa, dsb.

Selanjutnya, bagaimana caranya agar Acara Pelatihan Pers & Jurnalistik bisa menarik massa sebanyak-banyaknya? Kami berencana menyelenggarakan pelatihan tersebut dalam satu hari saja.

Materi-materi seperti apa yang sebaiknya kami selenggarakan? Siapa pemateri yang berkompeten dalam materi2 itu?

JAWAB
:
1. Buletin Kampus –dan media lainnya yang terbit di lingkungan kampus/mahasiswa—hendaknya berisi informasi yang dianggap penting bagi para mahasiswa sebagai pembaca utamanya, seperti kiat kuliah efektif dan efisien di kelas, kiat mengatasi soal ujian, informasi beasiswa, informasi kebijakan/akademik di lingkungan kampus, informasi kegiatan kemahasiswaan, dan sebagainya.

Pokoknya, secara substansial, berisi seputar permasalahan kampus dan kemahasiswaan, dengan gaya bahasa mahasiswa yang intelek, ilmiah, namun energik/jiwa muda.

Angkat saja isu-isu yang menjadi bahan permbicaraan mahasiswa (public agenda) secara mendalam dan kupas-tuntas. Lalu didukung oleh penampilan (rancang grafis/layout/perwajahan) yang menarik, artistik, tidak asal jadi. Sebaiknya tenaga desain grafisnya yang paham dunia media.

2. Agar acara pelatihan jurnalistik menarik minat sebanyak mungkin mahasiswa, kuncinya adalah promosi gencar –lisan, surat undangan, spanduk, pamflet, dll.—dan materinya menarik dan mendasar –kiat menulis untuk media massa (berita, feature, artikel), teknik reportase dan wawancara, bahasa jurnalistik, manajemen redaksi, desain grafis, foto jurnalistik, dll. serta instrukturnya orang-orang populer/praktisi dan akademisi yang integritas dan kompetensinya diakui.*

» Thanks for reading: Buletin Kampus dan Pelatihan Jurnalistik yang Menarik
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, November 02, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email