Komunikasi Jurnalistik - Efektif, Efisien, Menarik!

Komunikasi Jurnalistik - Media
Komunikasi Jurnalistik (Journalistic Communication) adalah proses komunikasi dengan menggunakan teknik jurnalistik. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan. Jurnalistik itu kewartawanan atau pemberitaan.

Jadi, komunikasi jurnalistik yaitu proses penyampaian pesan, informasi atau gagasan, dengan cara yang biasa wartawan lakukan saat menyampaikan berita kepada pembaca, pendengar, atau pemirsanya. Dengan begitu, komunikasi menjadi efektif, efisien, dan menarik --sebagaimana pemberitaan media yang menarik pembaca.

Profesi atau kalangan yang paling berkepentingan dengan komunikasi jurnalistik --selain wartawan-- adalah praktisi hubungan masyatakat (humas) atau public relations (pr). Praktisi humas (pr practisioner) wajib menguasai ilmu dan skill jurnalistik agar mampu menyampaikan pesan, informasi, atau "pencitraan" seefektif dan semenarik pemberitaan media.

Istilah Komunikasi Jurnalistik tidak begitu populer, tidak sepopuler istilah Komunikasi Media atau jenis komunikasi lainnya --komunikasi massa, komunikasi politik, komunikasi interpersonal, dll.

Halaman Aarhus University menyebutkan, karakteristik komunikasi jurnalistik antara lain:
  • Jelas (clear communication) sehingga mudah dimengerti.
  • Menggunakan media massa --termasuk website-- dengan cara "natural" (layaknya wartawan profesional).
James Carey dalam Journalistic Communication menegaskan, komunikasi jurnalistik adalah penyampaian pesan melalui media massa seperti yang dilakukan wartawan profesional.

Skills Komunikasi Jurnalistik

Keterampilan yang dibutuhkan untuk piawai melakukan komunikasi jurnalistik adalah keterampilan kewartawanan (journalism skills).

Halaman NTCJ menyebutkan keahlian utama (core skills) jurnalis/wartawan adalah Reporting dan News Gathering, yaitu kemampuan mengumpulkan informasi dan menyampaikannya melalui berbagai media --suratkabar, majalah, media online (website), televisi, dan radio, termasuk teknik wawancara dan menulis beragam naskah berita.

Laman Journalism menyebutkan Creating video and audio stories, Basic Coding (edit HTML & CSS), dan
Content management and Search Engine Optimisation (SEO) sebagai bagian dari keterampilan yang wajib dimiliki wartawan modern (wartawan multimedia).

Dari ulasan ringkas di atas tergambar, komunikasi jurnalistik identik dengan komunikasi media, yakni komunikasi melalui media massa (mass communication), namun lebih menitikberatkan pada subjek (komunikator). (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Komunikasi Jurnalistik - Efektif, Efisien, Menarik!
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, November 11, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email