Materi Pelatihan Jurnalistik untuk Pemula

Materi Pelatihan Jurnalistik untuk Pemula

TANYA
:  Saya adalah siswi sekaligus seorang pengurus osis di slah saru smu negri di jakrta timur. Saya dan teman-teman bermaksud untuk mengadakan pelatihan jurnalistik pemula atau setingkat dengan smu.

Tapi karena baru pertama kali diadakan, saya kesulitan untuk menentukan materi yang akan dibahas pada acara tersebut yang direncanakan akan diadakan selama 3 hari dan di lanjutkan dengan seminar jurnalistik.

Jadi saya bermaksud untuk meminta bantuan pada bapak untuk menentukan materi dan tema untuk acara tersebut. dan sekaligus saya meminta kesediaan bapak untuk mengisi salah satu materi tersebut.

JAWAB
:  Anda bisa memberi tema buat pelatihan jurnalistik tersebut dengan “MARI BERKARYA DENGAN TULISAN”, “Buka Potensi dengan Menulis”, atau “MENULIS ITU ASYIK LHO…!” yang arahnya ke ajakan menggali dan menumbuhkembangkan minat dan bakat siswa di bidang kewartawanan dan kepenulisan.

Materi pokok pelatihan untuk selama tiga hari berupa teori dan praktek, dua hari teori, satu hari praktik, atau dipadukan saja setelah teori terus praktek, masing-masing materi sekitar tiga jam.

Materi pelatihan jurnalistik bisa meliputi:

  1. Mengenal dunia jurnalistik
  2. Teknik reportase dan wawancara jurnalistik
  3. Kiat menulis berita
  4. Kiat menulis feature
  5. Kiat menulis artikel
  6. Bahasa jurnalistik
  7. Desain grafis media
  8. Foto jurnalistik
  9. Manajemen redaksi media sekolah. 
  10. Menulis untuk media online
Pemateri utamakan dari kalangan praktisi media remaja.

Bagi kesuksesan acara pelatihan, promosikan secara gencar di kalangan siswa, lewat spanduk, papan pengumuman/mading, pamfte, dsb. Siapa tahu, setelah pelatihan Anda dkk. Sepakat menerbitkan majalah sekolah yang lebih oke punya dan “profesional”. Good Luck!

» Thanks for reading: Materi Pelatihan Jurnalistik untuk Pemula
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Monday, November 02, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email