Pelatihan Dasar-Dasar Humas (Public Relations)

Pelatihan Dasar-Dasar Humas (Public Relations)
Praktisi Humas modern dituntut memiliki kemampuan, keterampilan (skills), atau kapasitas multimedia. 

DI kalangan instansi/pemerintah, masih ada (atau banyak?) pejabat yang dimutasi ke bagian Humas, padahal yang bersangkutan sama sekali tidak menguasai dunia Public Relations (PR).

Masih ada juga "bos" yang beraliran "konvensional" masih berpandangan Humas itu "tukang fotokopi" atau "tukang klipping".

Akibat sang "bos" tidak memahami dunia Humas, padahal bagian ini "super penting" di era kemajuan tekonologi komunikasi & informasi saat ini, seringkali tugas pokok dan fungsi Humas tidak berjalan dengan semestinya karena "kendala internal", yakni hambatan dari sang bos sendiri.

Era digital sekarang tupoksi staf Humas instansi tidak jauh beda dengan staf marketing profesional. Kehadiran website dan media sosial menjadikan Humas & Marketing sulit dibedakan. Keduanya bertupoksi sama: menyebar informasi, promosi, menjaga dan membangun citra, serta melayani audiens --bukan sekadar melayani konsumen atau publik.

Karenanya, pelatihan dasar-dasar Humas era modern tidak hanya soal teknik menulis press release (rilis, siaran berita), membuat atau menerbitkan media internal (inhouse magazine), dan strategi membangun hubungan media (press relations), tapi juga manajemen website dan strategi pengelolaan media sosial.

Untuk mengelola konten website, Humas atau praktisi PR dituntut mampu menulis konten web yang sesuai dengan karakteristik media online dan mengelola kampanye di media sosial.

Praktisi Humas modern dituntut memiliki kemampuan, keterampilan (skills), atau kapasitas multimedia, tidak sekadar bisa menulis atau menguasai komputer, tapi juga memahami dan menguasai komunikasi di dunia maya (internet) yang tidak hanya mengandalkan teks, tapi juga audio, video, foto, dan grafis.

Dengan demikian, berikut ini daftar materi pokok Pelatihan Dasar-Dasar Humas era modern:
  1. Menulis & Mengelola Press Release 
  2. Manajemen Media Internal (inhouse magazine)
  3. Membangun Hubungan Media
  4. Manajemen Konten Website 
  5. Strategi Media Sosial.
Semua materi itu agar Humas Tidak Cukup Hanya Bisa Menulis. Materi pelatihan Humas juga harus mengacu kepada 10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Humas Profesional Masa Depan. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pelatihan Dasar-Dasar Humas (Public Relations)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, November 24, 2015

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email