Cara Mendapatkan Domain .ID Gratis 100% Tanpa Bayar

domain dot id gratis
Ilustrasi Ekstensi Domain .ID (credit: merdeka.com).*
SEJUMLAH --atau semua (?)-- provider domain di Indonesia menawarakan domain .ID seharga Rp500.000,- secara GRATIS. Tak perlu membayar. Tinggal daftar dan pesan, sertakan fotokopi KTP, maka Anda akan mendapatkan domain secara gratis!

Di mana mendapatkan domain .id gratis itu? Cek saja: Domain ID Gratis!

Domain itu bisa digunakan untuk Custom Domain blogger. Anda tertarik? Tunggu dulu. Domain ID yang benar-benar gratis itu hanya berlaku satu tahun!

Di tahun berikutnya, Anda akan mendapatkan tagihan Rp500.000 untuk memperpanjang sewa domain itu. Artinya, jika ingin tetap menggunakan domain .id itu, ya... tidak gratis lagi. Harus bayar! Ini contoh tagihannya:


domain id gratis


Apakah bag-bagi domain .id gratis ini penipuan? BUKAN. Ini strategi promosi domain ekstensi dot id yang masih mahal itu, 500 ribu per tahun. Bandingkan dengan domain dot com, dot net, atau dot org yang "hanya" di kisaran 90-130 ribuan per tahun. Bahkan, doman dot info bisa cuma 30-40 ribu doang per tahun.

Domain ID (kependekkan dari kata Indonesia) relatif baru. Harganya masih "selangit" dalam ukuran para blogger. Tentu masih murah jika dalam konteks bisnis atau perusahaan.

Sebuah posting di halaman Log Viva bahkan menyerukan "jangan menggunakan domain id gratisan!". Alasannnya:

1. Masa Expired

Jika Anda menggunakan domain .id secara gratisan untuk Custom Domain, bayangkan di tahun berikutnya saat anda harus memperpanjang domain tentunya hal ini akan sangat merepotkan lantaran untuk menambah masa aktif domain Anda harus mengeluarkan banyak modal terlebih jika dalam satu tahun itu blog berdomain .id Anda masih belum bisa mencetak uang maka akan sangat memeras isi dompet tentunya.

2. Visitor Blog / Pengunjung Blog Akan Hilang
Dengan berakhirnya masa aktif domain, tentunya para pengunjung website berdomain .id anda akan berpindah kepada orang lain atau bahkan hilang. Hal ini tentunya akan merepotkan Anda dalam mencari kembali visitor yang selama ini sudah di bangun selama 1 tahun.

3. Waktu Terbuang Percuma
Sesudah domain .id Anda Expired, maka Anda baru akan merasakan waktu anda terbuang percuma selama satu tahun ini, Meski sudah ada beberapa hal yang Anda anggap menguntungkan namun tetap saja secara gratis besar Anda sudah rugi waktu dalam membangun sebuah website itu bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan waktu bukan, namun jika habis itu domain anda Expired sudah tentu anda akan kehilangan segalanya. dan anda harus merelakan ngblog dengan domain baru lagi.

4. Domain .id Sudah Pasaran
Karena saking banyaknya bisa dibilang domain .id sudah merupakan sebuah domain yang bisa dibilang pasaran, sudah tidak membanggakan lagi seperti dulu kala tidak ada promosi domain .id gratis, di mana blogger yang menggunakan domain .id patut bangga lantaran domain tersebut berharga sangat mahal.

Namun karena saat ini sudah semakin banyak yang menggunakan maka keistimewaan domain .id sendiri saya rasa sudah hilang. dan mungkin dalam dua tahun atau satu tahun kedepan domain .id akan kembali populer lagi setelah banyak domain .id yang expired dan tidak diperpanjang lantaran harganya yang mahal.

Namun ke 4 hal di atas ini tidak akan menjadi sebuah masalah jika saja Anda memperjuangkan domain .id Anda yang merupakan kerja keras Anda selama 1 tahun, tapi jika Anda tidak memperpanjang domain .id gratis Anda selama 1 tahun, tersebut maka hal itu akan menjadi masalah --harus bayar Rp500 ribu.

Kesimpulannya, cara mendapatkan domain .id (dot ID) gratis tanpa bayar itu mudah. Namun, hanya dinikmati setahun pertama saja. Tahun kedua dan seterusnya harus bayar. Sebuah pilihan.

Saran Admin Komunikasi Praktis, beli aja domain "normal", misalnya .com atau .net. Murah kok, cuma 100 ribuan. Anda bisa order domain murah di Qwords. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Cara Mendapatkan Domain .ID Gratis 100% Tanpa Bayar
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, March 17, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email