Tips MC Ramadhan dan Jumat: Pembawa Acara Ceramah Tarawih dan Khotbah

Tips MC Ramadhan
MC Ramadhan Tampil Sebelum Ceramah Tarawih. MC Jumat Tampil Sebelum Khotib Naik Mimbar.

SELAMA bulan Ramadhan biasanya masjid-masjid menggelar shalat tarawih berjamaah, didahului dengan ceramah tarawih atau tausiyah.

Sebelum penceramah tampil, biasanya setelah jamaah masjid selesai shalat Isya berjamaah plus sholat sunah ba'diyah Isya, pihak DKM menyampaikan pengumuman-pengumuman, termasuk informasi nama ustadz yang memberikan ceramah dan jadi imam shalat tarawih.

Pihak DKM yang tampil sebelum penceramah tarawih itu termasuk Master of Ceremony (MC) atau pemandu acara.

Karena biasanya MC Ceramah Tarawih juga seorang ustadz, tak jarang ia tampil layaknya penceramah, bukan memerankan MC. Ia baca salam, shalawat salam, hamdalah, bahkan "ngalor-ngidul" sebelum menyampaikan informasi kepada jamaah.

Menurut "ilmu MC", seorang pemandu acara itu bertugas pokok yang terangkum dalam TIM = Time, Introduction, Mood.
  1. Time = memastikan acara berjalan tepat waktu
  2. Introduction = mengenalkan pembicara atau mengumumkan susunan acara
  3. Mood = membangkitkan semangat dan apresiasi audiens terhadap yang akan dan sudah tampil.
TIPS MC RAMADHAN
Yang dimaksud MC Ramadhan yaitu yang bertugas menyampaikan informasi sebelum penceramah tarawih tampil.

Sebaiknya, MC Ramadhan tampil seringkas mungkin, yaitu langsung menyampaikan info tanpa perlu "basa-basi"  berupa iftitah layaknya penceramah.

Contoh MC Tarawih yang efektif:

Assalamu'alaikum Wr wb.
Hadirin jamaah Masjid Al-Ikhlas, sebelum kita mendengarkan ceramah dan shalat tarawih berjamaah, atas nama DKM saya --FULAN-- akan sampaikan beberapa informasi.

Yang pertama, jumlah penerimaan kotak infak kemarin sebesar satu juta rupiah. Kami atas nama DKM mengucapkan terimakasih atas infak jamaah, jazakumullah khoiron, semoga Allah membalas kebaikan jamaah dengan balasan yang lebih baik. Amin!

Yang kedua, tentang kegiatan Ramadhan. DKM bersama Remaja Masjid mengadakan pesantren Ramadhan, yaitu tanggal 10 hingga 20 Ramadhan. Tempatnya di masjid ini, mulai jam 10 pagi hingga jam lima sore. Pesantren Ramadhan ini terbuka untuk remaja putra dan putri, usia SD hingga SMA. Pendaftaran dibuka mulai besok, di kantor DKM.

Yang ketiga, penceramah malam ini adalah Ustadz Fulan. Beliau adalah jamaah masjid ini juga, tinggal di sekitar masjid. Tema yang akan beliau sampaikan yaitu tentang pentingnya Ikhlas.

Demikian informasi yang perlu kami sampaikan. Kini kita simak ceramah tarawih yang akan disampaikan Ustadz Fulan. Kepada Ustadz Fulan, kami persilakan....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

TIPS MC JUMAT

Contoh naskah MC Ramadhan di atas simple, sederhana, to the point, efektif-efisien. MC tidak harus berlama-lama, juga tidak perlu baca hamdalah-shalawat di bagian awal, karena itu bagian penceramah.

Demikian juga bagi MC Jumat, yaitu MC yang tampil sebelum khotib naik mimbar. Naskah di atas bisa digunakan juga oleh MC Jumat, sehingga efektif dan efisien.

YANG JADI MC SEBAIKNYA ANAK MUDA

Yang  tampil sebagai MC Ramadhan dan MC Jumat sebaiknya anak muda, yaitu remaja masjid, sekaligus sebagai kaderisasi dan regenerasi.

Para remaja masjid perlu dirangkul dalam kegiatan masjid, dengan peran yang sesuai. MC Ramadhan dan MC Jumat melatih public speaking, komunikasi lisan, sekaligus melatih kelancaran berbicara di depan umum atau dakwah bil lisan.

Anak-anak muda inilah yang akan menjadi penerus pemakmur masjid di masa depan.

Demikian Tips ringkas bagi MC Ramadhan dan Jumat, yaitu Pembawa Cara Ceramah Tarawih dan Khotbah Jumat. Semoga bermanfaat. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Tips MC Ramadhan dan Jumat: Pembawa Acara Ceramah Tarawih dan Khotbah
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, May 24, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email