Komunikasi Online (Daring): Pengertian, Sejarah, dan Ruang Lingkup

Komunikasi Online
Komunikasi Online (Daring) adalah penyampaian pesan dengan memanfaatkan media internet seperti website, email, dan media sosial.

KITA sudah akrab dengan istilah Jurnalistik Online, Media Online, Humas Online, Toko Online, Marketing Online, Pendaftaran Online, bahkan Nikah Online.

Namun, kita tampak belum begitu familiar dengan istilah Komunikasi Online (Online Communications) yang dalam bahasa Indonesia disebut Komunikasi Daring (Daring = Dalam Jaringan).

Padahal, jurnalistik online hingga nikah online hakikatnya adalah Komunikasi Online atau Komunikasi Daring dalam konteks interaksi dan penyampaian pesan secara online di internet.

Pengertian Komunikasi Online


Komunikasi artinya penyampaian pesan (informasi, ide, berita, dll). Online berasal dari kata on dan line. On artinya hidup. Line artinya saluran. Online secara harfiah artinya saluran hidup alias selalu ada dan siap digunakan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengindonesiakan "online" dengan "daring" --singkatan dari "dalam jaringan", yakni jaringan internet.

Jadi, secara harfiyah, komunikasi online artinya komunikasi melalui saluran yang tersedia di internet.

Pengertian praktis komunikasi online adalah komunikasi yang melalui media online.

Menurut laman The IT Law Wikia, komunikasi online merujuk pada sejumlah cara yang dilakukan seseorang untuk berkomunikasi satu sama lain memalui jaringan komputer, seperti internet.

Contoh komunikasi online adalah berkomunikasi melalui chat rooms, e-mail, mengisi formulir online (online forms), forums di sebuah halaman website, pesan instan (instant messaging), menulis komentar (posting comments) di situs web atau blog, serta berinteraksi di situs-situs jejaring sosial atau media sosial. 

Sejarah Komunikasi Online

Sejarah Komunikasi Online --sebagaimana sejarah jurnalistik online dan media online-- tidak lepas dari sejarah penemuan komputer dan sejarah internet.

Cikal-bakal komunikasi online dimulai tahun 1960-an dengan ditemukan dan dikembangkannya protocol yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan melalui komputer.

Protokol yang dinamakan APRANET itu diluncurkan tahun 1969 dan berkembang menjadi internet seperti yang kita kenal sekarang.

Bahkan, catatan Wikipedia menyebutkan, sejarah internet dimulai tahun 1950-an dengan ditemukannya komputer elektronik.

Istilah internet berasal dari kata interconnected works yang singkat menjadi internetwork atau internet.

Kelebihan Komunikasi Online


Kelebihan komunikasi online adalah real time dan fleksibel --dapat dilakukan kapan dan di mana saja selama ada perangkat dan koneksi internet.

Komunikasi online berlangsung interaktif dengan feedback saat itu juga. Emosi komunikator dan komunikan juga bisa disampaikan melalui emoticon seperti smily atau angry.

Demikian catatan ringkas mengenai pengertian, sejarah singkat, dan ruang lingkup komunikasi online atau komunikasi daring. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Komunikasi Online (Daring): Pengertian, Sejarah, dan Ruang Lingkup
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, June 01, 2016

1 comments:

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email