10 Keterampilan Komunikasi Efektif untuk Sukses dalam Pekerjaan

10 Keterampilan Komunikasi Efektif untuk Sukses dalam Pekerjaan
KEMAMPUAN berkomunikasi efektif dengan atasan, rekan kerja, dan staf atau bawahan merupakan hal penting dalam dunia kerja bidang apa pun.

Para pekerja di era digital juga harus tahu bagaimana cara efektif menyampaikan dan menerika pesan secara pribadi melalui telepon, email, dan media sosial.

Berikut ini 10 keterampilan komunikasi yang akan membantu Anda sukses dalam dunia kerja sebagaimana dilansir laman The Balance.

1. Mendengarkan -- Listening

Menjadi pendengar yang baik merupakan salah satu cara terbaik menjadi komunikator yang baik.

Tidak seorang pun menyukai seseorang yang hanya mau didengarkan, namun tidak mau mendengarkan orang lain berbicara.

Jadilah pendengar akif, yaitu mendengarkan dan memahami pesan yang disampaikan orang lain. Jika ada yang kurang jelas atau membingungkan, tanyakan, dan jika perlu sampaikan kesimpulan Anda atas pesan yang disampaikan untuk penegasan dan klarifikasi. Misalnya, "Jadi, maksud Anda adalah...".

Dengan menjadi pendengar aktif, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan dapat merespons secara tepat. Minimal, tidak salah paham dan memahami secara utuh pesan yang disampaikan orang lain.

2. Komunikasi Nonverbal (Nonverbal Communication)

Komunikasi nonverbal adalah bahasa tubuh Anda, kontak mata, gestur tangan, dan nada bicara. Semuanya mewarnai pesan yang disampaikan.

Gunakan semuanya secara proporsional untuk mendukung dan menegaskan pesan yang disampaikan. Bisa juga sebagai pengganti komuninasi verbal.

Melakukan kontak mata saat bicara dapat memancarkan kejujuran. Sebaliknya, orang yang menghindari kontak mata, tidak mau melihat Anda, kemungkinan ia tidak nyaman bahkan menyembunyikan kebenaran.

3. Jelas dan Ringkas

Clarity and Concision adalah bagian kunci sukses komunikasi. Usahakan sampaikan pesan dalam beberapa kata.

Kemukakan keinginan Anda dengan jelas dan lugas, baik dalam pembicaraan personal secara langsung maupun melalui telepon atau email.

Di dunia jurnalistik dikenal istilah Keep It Simple & Short (KISS) yang mengingatkan wartawan agar menulis atau menyampaikan berita dengan sederhana dan ringkas agar mudah dimengerti.

4. Ramah (Friendliness)

Keramahtamahan merupakan kunci sukses komunikasi lainnya. Kata-kata kasar, cabul, jorok, tidak disukai orang.

5. Keyakinan (Confidence)

Yakini kebenaran pesan yang Anda sampaikan. Namun, jangan sampai menyampaikannya terkesan arogan atau agresif (menyerang).

6. Empathy

Bahkan jika Anda tidak sepakat dengan pendapat rekan kerja, bawahan, atau atasan, penting bagi Anda untuk memahamin dan menghargai (respek) dengan pandangan mereka.

7. Pikiran Terbuka (Open-Mindedness)

Komunikator yang baik akan bisa melakukan komunikasi secara fleksibel, open mind. Dengarkan dan pahami pandangan orang lain.

8. Respect

Hargai lawan atau kawan bicara dengan mendengarkan, memperhatikan, melakukan kontak mata, sehingga orang lain merasa dihargai.

9. Feedback

Beri dan dapatkan masukan atau timbal-balik dari pesan yang Anda terima atau Anda sampaikan.

10. Picking the Right Medium

Gunakan media yang tepat dan cara yang tepat pula dalam menyampaikan pesan. Komunikasi bukan saja soal menyampaikan apa, tapi juga bagaimana cara menyampaikannya.

Demikian Top 10 keterampilan komunikasi efektif untuk mendukung Sukses di Dunia Kerja dan dalam Karier. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: 10 Keterampilan Komunikasi Efektif untuk Sukses dalam Pekerjaan
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, November 08, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email