6 Cara Ampuh Mengatasi Gugup (Grogi) dalam Public Speaking (Pidato)

6 Cara Ampuh Mengatasi Gugup (Grogi) dalam Public Speaking (Pidato)
6 Cara Ampuh Mengatasi Gugup (Grogi) dalam Public Speaking (Pidato).

GUGUP, GROGI, atau NERVOUS adalah masalah umum yang dihadapi pelaku public speaking (public speaker) atau orang yang berbicara di depan umum.

Suka gugup atau grogi biasanya menjadi jawaban terbanyak dari peserta pelatihan pidato ketika ditanya apa masalah utama yang mereka hadapi saat harus pidato.

Para pakar public speaking mengemukana, penyebab utama gugup dalam public speaking adalah
  1. Tidak menguasa materi,  
  2. Kurang persiapan,
  3. Tidak terbiasa. 
Lalu, bagaimana cara mengatasi gugup dalam public speaking? Berdasarkan tiga penyebab utama di atas, maka solusi mengatasi grogi ada tiga pula:
  1. Karena penyebab gugup itu kurang persiapan, maka... lakukan persiapan!
  2. Karena penyebab grogi itu tidak menguasa materi, maka... kuasai materi!
  3. Karena penyebab nervouse itu tidak terbiasa, maka... perbanyak latihan!

Banyak orang takut public speaking karena gugup. Bahkan, sebuah survei yang dilakukan The People’s Almanac Book of List terhadap 3000 orang di Amerika mengenai hal yang paling mereka takutkan dalam hidup. Ternyata mayoritas orang Amerika lebih berani mati ketimbang berbicara di depan umum.

The fear of public speaking ranks right up there with the fear of flying, death, and spiders.Wallechinsky, D., Wallace, I., & Wallace, A. (1977). The people’s almanac presents the book of lists. New York, NY: Morrow. (Public Speaking & Ethics)

Cara Mengatasi Rasa Gugup

Cara terampuh mengatasi gugup adalah menguasai materi. Jangan pernah berbicara tentang tema yang tidak Anda pahami atau tidak Anda kuasai.

Jika tema atau topik pembicaraan tersebut memang harus Anda sampaikan, maka pelajari sebaik-baiknya dengan membuka literatur dan bertanya kepada teman atau siapa pun yang memungkinkan memberi Anda tambahan wawasan soal tema tersebut.

Sebelum tampil ke podium, jangan lupa lakukan relaksasi dan ambil napas dalam-dalam.

1. Relax Your Body!
Ambil napas dalam-dalam, lemaskan lengan, bahu, dan tangan –biarkan semuanya terkulai. Ulang berkali-kali.

2. Relax your Voice!
Lakukan relaksasi suara, misalnya dengan menyuarakan vokal A, I, U, E, dan O secara naik-turun, ragam nada, mirip nyanyi.

3. Practice! Latihan!
Bisa karena biasa. Tidak ada orang hebat, yang ada orang terlatih. There's no great people, but trained people! Orang jadi hebat karena berlatih. Bakat hanya 1%, Latihan 99%.

Sering-seringlah berlatih pidato di depan cermin, di depan kawan-kawan terdekat, bahkan di depan kucing peliharaan Anda! Sering terlibat dalam diskusi/talkshow via telepon di radio sangat bagus untuk berlatih.

4. Prepare! Lakukan Persiapan.
Lakukan persiapan –fisik, mental, materi. Tidur yang cukup, bangun rasa percara diri bahwa Andalah yang paling menguasa materi dan paling siap berbicara dibandingkan siapa pun.

5. Think Positively! Berpikir Positif
Jangan su-uzhan bahwa hadirin akan menertawakan atau mencibir Anda! Tidak! Audiens ingin Anda sukses dan akan maklum jika Anda salah ucap karena mereka juga sama --sama-sama gugup atau takut jika harus tampil di depan orang banyak!

Berpikirlah positif bahwa audiens adalah teman-teman Anda, pendukung Anda, dan mereka hanya ingin Anda menyampaikan yang mereka ingin tahu atau yang menjadi topik pembicaraan Anda.

6. Salurkan melalui gerakan
Awali pidato Anda dengan posisi kedua tangan di depan perut Anda, kepalkan tangan kanan dan simpan di atas tangan kiri --seperti seorang presenter televisi memulai acaranya.

Posisi tangan demikian akan secara alami membuat gerakan tangan. Ketika gerakan sudah dibuat, maka grogi, gugup, nervous akan tersalurkan. Coba saja!

Demikian 6 Cara Ampuh Mengatasi Gugup (Grogi) dalam Public Speaking (Pidato). Wasalam. (http://www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: 6 Cara Ampuh Mengatasi Gugup (Grogi) dalam Public Speaking (Pidato)
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Tuesday, November 15, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email