Tips Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!

Tips Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!
Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!

KHOTBAH JUMAT adalah ceramah berisi pesan peningkatan iman dan takwa yang disampaikan khotib sebelum pelaksanaan shalat Jumat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, khotbah (bentuk tidak baku: kotbah, kutbah, khutbah) adalah pidato (terutama yang menguraikan ajaran agama).


Khotbah Jumat yang sering dikeluhkan jamaah adalah yang lama dan "ngalor-ngidul", melebar ke mana-mana, karena sang khotib"ingin menyampaikan banyak hal" dan "tidak fokus".

Maka, dalam perspektif Public Speaking, khotbah jumat yang baik adalah yang ringkas dan fokus! Durasi khotbah maksimal 15 menit di luar pembukaan (iftitah) dan penutup (doa).

PEMBUKAAN
Di bagian awal khotbah Jumat ini, khotib yang khotbahnya lama suka menambahkan hal-hal di luar tema khotbah. Misalnya, "Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang banyak. Nikmat terbesar adalah nikmat iman, karena ... bla bla bla".

Nah lho! Jadi panjang dan lama entar. Belum lagi ditambah dalil Quran dan Hadits, maka bakalan makin panjang tuh pembukaannya.

Habis sholawat, misalnya "sholawat dan salam semoga dilimpahkan atas Nabi Muhammad Saw". Kalau ditambah, misal, "yang telah berjuang mendakwahkan Islam dan menjadi teladan bagi kita semua. Tanpa perjuangan beliau, maka.... " Waaaah panjang lagi deh!

MATERI
Khotib Jumat favorit jamaah adalah khotib yang menyampaikan materi khotbah dengan tema aktual, kekinian, membahas isu aktual dengan landasan satu ayat atau hadits.

Jamaah jadi memahami sebuah isu dalam perspektif Islam. Misalnya, aksi demonstrasi menurut Islam itu bagaimana hukumnya dan bagamana adabnya.

Materi Khotbah yang baik juga misalnya yang berisi "list" atau daftar, seperti "Tiga Golongan Orang yang Dijamin Hidup Bahagia". Jadi, bahasannya akan mudah dan ringkas, sehingga pesannya "nyampe" kepada jamaah.

PENUTUP
Sampaikan ringkasan, sekilas saja, dalam satu-dua kalimat, lanjut dengan doa. Doanya pun pendek saja, gak usah "lebay" dengan kata-kata berona (colorful words) nan indah layaknya syair (puisi).

Itu dia Tips Sukses Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas! Ini persepaktif komunikasi praktis ya, dalam konteks teori Public Speaking.

Tapi kata ustadz-ustadz juga memenang khotbah Jumat sebaiknya ringkas saja kok, seperti Nabi Muhammad Saw juga kalo khotbah ringkas saja, gak pake lama.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya nih kepada Pak Kiai, Pak Ustadz, atau para khotib, bukan maksud mengajari, tapi hanya "masukan seorang jamaah sholat Jumat" yang sering ngantuk :) Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Tips Public Speaking Khotbah Jumat: Ringkas!
Newest
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, November 24, 2016

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email