Cara Praktis Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Praktis Mendapatkan Uang dari Blog
Cara praktis menghasilkan uang dari blogging. Panduan untuk pemula. 
 
BLOGGING atau ngeblog  adalah aktivitas berbagi pengalaman, pengetahuan, keahlian, atau pemikiran dengan menuliskannya di blog.

Istilah blog sendiri merupakan kependekan dari “weblog”, website log.

Awalnya, blog lebih merupakan website (situs web) pribadi atau halaman pribadi (personal webpage) berisi koleksi link berita atau informasi --karenanya disebut web log.

Mayoritas blog saat ini berupa jurnal atau catatan harian online (online journal or diary) yang diperbarui (update) tiap hari atau setiap blogger memiliki ide untuk menulis.

Secara teknis, blog adalah website gratis yang bisa dibuat dengan mudah. Platform atau situs tempat membuat blog yang paling populer adalah Blogger milik Google dan WordPress.

Blogger dan Wordpress masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, namun Blogger lebih diprioritaskan mesin pencari Google karena ia memang miliknya.

Blog bisa dikembangkan menjadi toko online, website organisasi atau lembaga, juga menjadi situs berita (news portal).

Blog juga bisa menjadi sumber penghasilan, sampingan ataupun utama, dengan cara make money blogging, yakni mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblog.

Cara mendapatkan uang dari blog yang paling populer adalah dengan menjadi publisher Google AdSense, mengikuti program afiliasi (Affiliate Marketing), review produk, atau menerima pemasangan iklan.

Google AdSene memiliki tagline "Turn your passion into profit." Mengubah bakat-minat Anda menjadi sumber pendapatan atau menghasilkan uang.

Syarat utama blog menghasilkan dolar atau menjadi "mesin penghasil uang" adalah blog memiliki banyak pengunjung.

Untuk mendapatkan banyak pengunjung atau pembaca, maka blog harus berisi konten berkualitas, yakni tulisan, foto, video, atau grafis yang bermanfaat, dicari banyak pengguna internet, asli karya sendiri, dan unik.

Membuat blog sangat mudah, seperti halnya membuat akun email atau akun media sosial. Yang menjadi tantangan adalah mengisinya secara rutin dengan konten berkualitas.

Cara Praktis Mendapatkan Uang dari Blog

Berikut ini beberapa saran atau panduan mendapatkan uang dari blog bagi pemula dari para blogger profesional atau blogger senior.

Before you start!
Sebelum Anda mulai ngeblog atau membuat blog,
  • Jangan niatkan membuat blog karena ingin menghasilkan uang. Niatkan untuk berbagi. Tidak ada jalan pintas untuk sukses. Don’t just start a blog because you want to make money. There are no shortcuts to success.
  • Temukan niche blog Anda, yaitu tema utama yang akan menjadi isi blog. Find your niche! 
  • Niche blog terbaik adalah yang sesuai dengan bakat dan minat Anda (passion), yaitu keahlian, hobi, dan pengalaman.
  • Jangan paksakan memilih niche blog yang tidak sesuai dengan keahlian dan minat --karena Anda akan terdorong untuk COPAS konten blog orang lain.
1. Membuat Blog

Saatnya membuat blog. Agar cepat diterima Google AdSense, buatlah blog di Blogger.
  • Setting Dashboard - Meta Tags, Search Pereferences, Comments, ect.
  • Gunakan Template Blog SEO Friendly & user friendly! Fast Loading - Mobile Friendly (Responsive). Simple!
  • Gunakan LOGO untuk menunjukkan profesionalisme dan kredibilitas blog.
  • Buatlah halaman statis "About", Kontak, Disclaimer, Sitemap.
2. Isi Blog

Produce valuable content! Isilah blog Anda dengan konten berkualitas sebagaimana Panduan Google. Tuliskan pengalaman, keahlian, tips & trik, atau ide dan pemikiran Anda yang memberi manfaat bagi pembaca.

3. Bangun Hubungan.

Sebarkan blog dan konten blog Anda via media sosial, terutama Facebook, Twitter, dan Instagram yang merupakan media sosial terpopuler saat ini di Indonesia.

Rajinlah pula berkomentar di forum-forum online dan blog orang lain, tapi HINDARI komentar spammy, yaitu komentar yang menyertakan link alamat blog Anda, terutama live link.

Komentar berkualitas akan mendorong blogger lain datang ke blog Anda! Jangan lupa tautkan blog Anda dengan akun Google Plus dan akun media sosial.

4. Daftar Sumber Uang bagi Blogger:
  • Google Adsense-- memasang iklan Google.
  • Affiliate Marketing -- menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi.
  • Advertising --menerima pemasangan iklan.
  • Reviews --review produk atau jasa.
  • Digital Products --menjual produk digital, misalnya e-Book.
  • Physical Products --menjual produk fisik atau barang, yakni menjadi toko online.
  • Services --menjadikan blog sebagai promosi usaha, misalnya jasa service komputer, HP, dan sebagainya.
Cara Praktis Mendapatkan Uang dari Blog di atas dapat dilaksanakan dan berhasil dengan satu syarat: niat. Dengan adanya niat, maka akan ada kemauan kuat dan keuletan. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

 Sources:
http://amylynnandrews.com/how-to-make-money-blogging/ 
http://www.dailyblogtips.com/blogging-for-beginners-17-tips-before-you-start-your-blog/
http://www.buildyourownblog.net/make-money-blogging/

Post a Comment

Previous Post Next Post