Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Cara Menghasilkan Uang dari Blog butuh keahlian, kesabaran, dan ketekunan. Konten Berkualitas dan SEO menjadi kunci.

DALAM istilah Google, menghasilkan uang dari blog disebut turn your passion into profit. "Ubah hobi Anda menjadi penghasilan," kata Google di laman resmi AdSense Indonesia.

"AdSense adalah cara sederhana yang gratis untuk memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web Anda."

Passion adalah hobi, bakat, atau minat. Blogging adalah menyalurkan bakat, minat, atau passion itu dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan atau wawasan.

Hakikat blogging atau ngeblog memang menyalurkan passion sekaligus berbagi (share) dengan pembaca atau pengguna interney (user).

Dari hobi, maka bisa lahir uang dengan cara monetisasi (monetize) blog, termasuk menjadi penayang iklan Google (Publisher AdSense).

Bagi sebagian orang, menghasilkan uang adalah motif utama ngeblog. Tadinya tidak tertarik dengan dunia blogging. Namun, ketika tahu blog bisa menghasilkan uang, ia menjadi sangat tertarik dan langsung bersemangat membuat blog.

AdSense adalah sumber utama penghasilan blogger, namun bukan satu-satunya. Sumber lainnya antara lain menjual produk atau jasa sendiri dan promosi/menjual produk orang lain (affiliate marketing).

Penghasilan dari blog bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Namun, dari berbagai share pengalaman sejumlah blogger, penghasilan rata-rata blogger Indonesia di kisaran 100-200 dolar atau sekitar 1-2 juta rupiah per bulan.


5 Blogger Paling Kaya di Dunia

Laman Money and Matter pernah menurunkan laporan tentang 5 blogger terkaya di dunia (richest blogger in the world). Penghasilan mereka mencapai miliaran rupiah per bulan.

Ke-5 Blogger Paling Kaya di Dunia itu adalah sebagai berikut:
  1. Michael Arrington. Pemilik techcrunch.com. Rata-rata pendapatan US$ 700 ribu atau Rp 9,1 miliar per bulan. 
  2. Pete Cashmore. Pemilik mashable.com. Penghasilannya hingga US$ 500 ribu atau setara dengan Rp 6,5 miliar per bulan.
  3. Perez Hilton. Blognya, perezhilton.com, berisi tentang berita seputar selebriti dan kabar yang berkembang di Hollywood. Penghasilan lebih dari US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar per bulan.
  4. Timothy Sykes. Blog miliknya adalah timothsykes.com yang berisi tentang informasi mengenai saham dan bisnis. Penghasilan: US$ 190 ribu atau Rp 2,4 miliar per bulan.
  5. Vitaly Friedman. Pemilik dari blog smashingmagazine.com. Blognya berisi berbagai informasi mengenai perkembangan website dan desain yang sangat berkaitan tentang dunia teknologi. Penghasilan bulanan sebesar US$ 150 ribu atau setara dengan Rp 1,9 miliar.
Wow! Menggiurkan dan "bikin iri" bukan?

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Blogger berbahasa Inggris memang lebih banyak menghasilkan uang ketimbang blog berbahasa Indonesia. 

Ada (banyak?) blogger Indonesia yang sudah diterima Google AdSense, namun hingga setahun baru menghasilkan 100 dolar sebagai batas minimal pengiriman.

Kesimpulannya, jika Anda ingin menghasilkan uang lebih banyak dari AdSense, maka buatlah blog dalam bahasa Inggris. Maksunya, postingannya berbahasa Inggris. Tentu, Anda harus mahir menulis dalam bahasa Inggris dulu.

Menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia bukan hanya butuh kesabaran, ketekunan, tapi juga kerja ekstra keras. Anda harus membuat konten yang sekiranya dicari banyak orang dan mampu bersaing dengan postingan blogger lain. Di sini Anda butuh Pengoptimalan Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

Blog yang bisa diterima menjadi publisher Google Adsense dan menghasilkan uang adalah blog yang banyak pengunjung, minimal 1000 pengunjung unik (unique visitors) per hari. 

Bisa saja blog yang dikunjungi ratusan orang per hari diterima menjadi publisher AdSense, namun penghasilannya juga sedikit, mungkin di bawah 100 dolar per bulan.


Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Dari ulasan ringkas di atas, maka Cara Menghasilkan Uang dari Blog adalah dengan menjadi penayang iklan Google, menjual produk dan jasa, dan mengikuti program afiliasi.

Namun, sumber penghasilan terbesar adalah Google AdSense dan menjual produk/jasa sendiri.

Blog-blog yang menayangkan iklan Google dipastikan banyak pengunjung. Jumlah pengunjung akan meningkat seiring dengan meningkatnya kualitas postingan atau konten blog plus Trik SEO.

Maka, langkah pertama untuk menghasilkan uang dari blog adalah membuat blog lalu mengisinya dengan Konten Berkualitas.

Menurut Google dalam Panduan Membuat Konten yang Bermanfaat, postingan atau konten blog yang berkualitas itu antara lain:
  1. Berguna dan informatif: Jika meluncurkan situs untuk restoran, Anda dapat menyertakan lokasi, jam buka, informasi kontak, menu, dan blog untuk berbagi acara yang akan datang.
  2. Lebih bernilai dan berguna daripada situs lain: Jika Anda menulis cara melatih anjing, pastikan artikel Anda memberikan nilai lebih atau perspektif yang berbeda dibanding sejumlah artikel di web terkait pelatihan anjing.
  3. Dapat dipercaya: Tampilkan kredibilitas situs Anda dengan menggunakan sumber daya, kutipan, tautan, ulasan, dan testimoni asli. Biografi penulis atau testimoni dari pelanggan nyata dapat membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan situs Anda.
  4. Kualitas tinggi: Sebaiknya situs Anda memiliki konten yang unik, spesifik, dan berkualitas tinggi. Konten sebaiknya tidak diproduksi secara massal atau dialihdayakan ke sejumlah besar situs lain. Perlu diingat bahwa konten Anda sebaiknya dibuat dengan tujuan utama memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung, bukan untuk memiliki peringkat tinggi di mesin telusur.
  5. Menarik: Buat situs Anda berwarna dan terasa hidup dengan menambahkan gambar produk, tim, atau diri Anda sendiri. Pastikan pengunjung tidak terganggu dengan kesalahan ejaan, gaya, dan fakta. Iklan yang terlalu banyak juga dapat mengganggu pengunjung. Libatkan pengunjung dengan berinteraksi dengan mereka melalui pembaruan rutin, kotak komentar, atau widget media sosial.
Susah?
Untuk sukses memang butuh keahlian, kesabaran, dan ketekunan. Tidak ada jalan pintas untuk suses. Demikian juga Cara Menghasilkan Uang dari Blog. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Buku Panduan Menjadi Blogpreneur


Dapatkan di Nuansa

» Thanks for reading: Cara Menghasilkan Uang dari Blog
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, July 06, 2017

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Subscribe via Email
Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Creating Website
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network