Pengertian Konvergensi Media dan Contohnya

Pengertian Konvergensi Media dan Contohnya

Pengertian Konvergensi Media Secara Bahasa

Konvergensi Media adalah gabungan kata konvergensi dan media. Konvergensi berasal dari bahasa Inggris, convergence, yang artinya " tindakan bertemu/bersatu di suatu tempat; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat." 

Media juga berasal dari bahasa Inggris, medium (singular) dan media (plural) yang artinya perantara atau alat jalur (of communications).

Yang dimaksud media dalam konteks ini adalah media massa, yakni "alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, dan televisi".

Convergence dan media sudah diadopsi kedalam bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan keduanya sebagai berikut:

kon.ver.gen.si /konvèrgènsi/n keadaan menuju satu titik pertemuan; memusat
n keadaan garis di samudra yang terlihat nyata memisahkan pertemuan beberapa massa air yang berbeda suhu dan kadar garam atau salinitasnya
n aliran udara di suatu daerah pada ketinggian tertentu dengan aliran udara masuk yang lebih besar daripada aliran keluar sehingga terjadi semacam penimbunan udara

me.dia /média/n alat
n alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
n yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya): wayang bisa dipakai sebagai -- pendidikan
n perantara; penghubung
n zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan sebagainya, baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan
n Komp bahan yang digunakan dalam pemasukan dan penyimpanan data di komputer, atau dalam perekaman hasil komputer


Dengan demikian, secara bahasa, konvergensi media adalah pertemuan atau gabungan segala jenis media, yakni integrasi antara media konvensional dan media baru. 

Pengertian konvergensi media dalam bahasa Inggris bisa disimak di Media Convergence - Britannica.

Pengertian Konvergensi Media secara Istilah

Menurut Henry Jenkins (2008), konvergensi media adalah aliran konten di berbagai platform media, kerja sama antara beberapa industri media, dan perilaku bermigrasi dari khalayak media.

“The flow of content across multiple media platforms, the cooperation between multiple media industries, and the migratory behaviour of media audiences."

Data Wikipedia menjelaskan, konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. 

Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.

Munculnya fenomena konvergensi media ini, memaksa media konvensional melebarkan sayap dan masuk kedalam jaringan internet untuk dapat mempertahankan atau memperluas bisnisnya. 

Jurnalisme konvergensi melibatkan kerjasama antara jurnalis media cetak, media siar, dan media Web (daring) untuk menghasilkan berita terbaik yang dimungkinkan, dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian. Hal ini menyebabkan berkembangnya media konvensional menjadi digital. (Wikipedia).

Konvergensi Media secara praktis adalah sajian informasi dalam format multimedia, melalui multichannel dan multiplatform. 

Dalam multimedia, sebuah media membuat dan menyediakan informasi dalam berbagai format teks, foto, grafik, animasi, audio, dan video. 

Strategi multichannel adalah menggunakan dan memaksimalkan berbagai metode dan kanal distribusi informasi, baik melalui fisik maupun digital. 

Multiplatform menggunakan berbagai tools dan perangkat untuk mengakses informasi: kertas, komputer, smartphone, tablet, dan televisi.

Dengan demikian, konvergensi media adalah penggabungan media massa dengan teknologi digital. Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. 

Pengertian Konvergensi Media Menurut Ahli

Henry Jenkins: konvergensi media adalah aliran konten di beberapa platform media, kerjasama industri dengan media dan kegiatan migrasi media. Fenomena ini terjadi akibat kemunculan teknologi digital dan media baru.

Flow: konvergensi media terdiri dari tiga poin penting --computing & information technology, communication network, dan digital content yang berdampak pada terjadinya perubahan media informasi, perubahan cara melakukan komunikasi, perubahan media cetak dan perubahan penggunakan media digital.

Burnett & Marhsall: konvergensi media merupakan penggabungan media, industri telekomunikasi dan segala bentuk media komunikasi ke dalam bentuk digital. Konvergensi media erat kaitannya dengan proses digitalisasi. 

Grand & Wilkinson: konvergensi media memiliki pengaruh yang besar dari dua jenis teknologi, yakni teknologi digital dan jaringan komputer. 

Konvergensi teknologi sendiri terjadi akibat beberapa sebab. Poin utama dalam konvergensi teknologi adalah perubahan teknologi analog menjadi digital. Perubahan analog ke digital ini antara lain didorong oleh kemajuan teknologi digital yang memengaruhi perkembangan teknologi dan cepatnya arus informasi.

Konvergensi media memungkinkan integrasi dalam industri media dalam bentuk media cetak, media penyiaran, dan media internet/digital (website).

Konvergensi media juga mendorong adanya media baru dan konten yang lebih beragam. Penyampaian informasi juga lebih cepat dan real time.

Selain itu, konvergensi media memunculkan interaktivitas. Pengguna (pembaca, penonton) bisa semakin aktif menyebarkan (share), memberikan komentar, dan bahkan saran dan kritik terhadap informasi dan konten media.

Contoh Konvergensi Media antara lain Kompas. Sebelumnya, Kompas hadir dalam bentuk media cetak (koran/suratkabar/harian). 

Manajemen Kompas lalu melakukan konvergensi media dengan meluncurkan portal berita Kompas.com. Selain portal berita, Kompas juga menyediakan versi digital (online) dari koran kompas berupa epaper Kompas.

Demikian sekilas ulasan tentang Pengertian Konvergensi Media (Media Convergence) dan contohnya. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Konvergensi Media dan Contohnya
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Wednesday, February 28, 2018

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Subscribe via Email
Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Creating Website
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network