Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi

Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi, dan istilah pertemuan ilmiah lainnya.


Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi
MAU mengadakan kegiatan seminar, lokakarya, simposium, dan sebagainya? Kenali dulu pengertiannya agar rundown acara dibuat dan berlangsung sesuai dengan nama acaranya.

Jangan sampai sebuah seminar atau simposium, jadinya malah kayak pelatihan, atau namanya pelatihan namun peserta malah mendengarkan ceramah --bukan belatih.

Banyak lho acara pelatihan (training), namun yang terjadi malah seperti acara pengajian --peserta menengarkan ceramah, lalu ada sesi tanya-jawab, padahal pelatihan harusnya forum untuk peserta berlatih dengan dipandu seorang pelatih (trainer).

Seminar, semiloka, lokakarya, simposium, penataran, konferensi, workshop, diskusi panel, dan diskusi ilmiah secara umum adalah jenis-jenis forum atau pertemuan.

Berikut ini Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi, dan istilah pertemuan ilmiah lainnya.

Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi

Seminar

Seminar adalah kegiatan untuk menyampaikan suatu karya ilmiah dari seorang pakar atau peneliti yang dipresentasekan kepada peserta. Jalannya seminar dipandu atau dipimpin moderator.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seminar artinya adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya).

Dalam seminar yang menjadi pembicaranya adalah para ahli, pakar, untuk membahas suatu tema atau masalah.

Simposium

Simposium adalah pertemuan dengan beberapa pembicara yang mengemukakan pidato singkat tentang topik tertentu atau tentang beberapa aspek dari topik yang sama; kumpulan pendapat tentang sesuatu, terutama yang dihimpun dan diterbitkan; kumpulan konsep yang diajukan oleh beberapa orang atas permintaan suatu panitia (KBBI).

Simposium merupakan bentuk diskusi yang dilaksanakan dengan membahas berbagai aspek dengan subjek tertentu yang diikuti oleh moderator, beberapa pembicara, dan banyak peserta.

Pembicara dalam simposium terdiri dari pembicara (pembahas utama) dan penyanggah (penyaran pembanding), di bawah pimpinan seseorang moderator.

Pendengar diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembahas utama dan penyanggah selesai berbicara.

Diskusi

Diskusi adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Diskusi dipimpin oleh seorang moderator. Dalam diskusi, semua peserta setara.

Diskusi Ilmiah

Diskusi Ilmiah adalah asalah satu jenis diskusi berupa pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.

Diskusi Panel

Diskusi Panel adalah salah satu jenis diskusi. Kegiatan ini membahas suatu topik oleh sebuah panel yang terdiri dari 3 – 6 orang yang dianggap ahli dan dipimpin oleh seorang moderator.

Pelaksanaan panel dimulai dari perkenalan para panelis oleh moderator, kemudian disampaikan persoalan umum kepada para panelis tersebut, untuk didiskusikan.

Moderator sesekali menyimpulkan paparan para panelis. Selama diskusi panel, peserta tidak diberi kesempatan untuk mengemukakan pandangan.

Pengertian Konferensi

Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Konferensi disebut juga permusyawaratan dan muktamar.

Konferensi diselenggarakan oleh suatu badan atau organisasi yang membicarakan masalah-masalah aktual.

Konferensi bertujuan membicarakan kebijakan-kebijakan telah dilakukan sebelumnya sebagai proses evaluasi.

Konferensi Pers

Konferensi Pers (Press Conference) adalah pertemuan pers yang diadakan oleh seorang tokoh untuk memberitahukan hal yang penting di hadapan wartawan dan utusan kantor berita untuk disebarluaskan melalui media massa (KBBI).

Konferensi pers biasanya dilakukan humas lembaga atau panitia acara untuk mengumumkan, menjelaskan, mempertahankan, atau mempromosikan kebijaksanaan dengan maksud untuk mengukuhkan pengertian dan penerimaan publik (Wikipedia). 

Informasi yang disampaikan pada konferensi pers biasanya meliputi:
  • Menyampaikan kinerja perusahaan
  • Untuk membantah isu atau berita miring
  • Menyampaikan informasi produk atau layanan baru
  • Secara garis besar Konferensi pers adalah aktivitas sosialisasi dan konfirmasi atas aktivitas, berita, produk dan jasa yang menyangkut masyarakat.

Pengertian Lokakarya (Workshop)

Lokakarya disebut juga workshop atau sanggar kerja. Menurut KBBI, lokakarya adalah pertemuan antara para ahli (pakar) untuk membahas masalah praktis atau yang bersangkutan dengan pelaksanaan dalam bidang keahliannya; sanggar kerja

Dalam lokakarya, beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.

Lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.

Perbedaan mendasar antara lokakarya dengan seminar hanya menekankan pada hasil yang didapat dari lokakarya menjadi sebuah produk yang dapat digunakan peserta lokakarya dalam proses pembelajaran di kelas.

Penataran

Secara bahasa, penataran artinya proses, cara, perbuatan menatar. Penataran adalah kegiatan pendidikan dalam rangka menyempurnakan atau meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

Pada zaman Orde Baru dikenal istilah penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

Dalam penataran, peserta dibatasi antara 20 hingga 30 atau bisa lebih. Penataran direka dan diselenggarakan oleh para profesional, khususnya dalam hal memberikan informasi dan keterampilan yang akan diajarkan.

Pengarahan dapat dibagi dalam tiga bagian: sesi pleno, sesi praktek dan diskusi kelompok. Dalam sesi pleno, bahan yang disampaikan dilakukan melalui ceramah, film dan pameran. Dalam sesi kelompok, diadakan diskusi agar peserta mendapat pengalaman langsung dalam memimpin dan berperan serta dibawah pengawasan pimpinan penataran.

Perbedaan pokok antara penataran dan lokakarya adalah, pada penataran terjadi limpahan vertikal dari penyelenggara kepada peserta, sehingga bertambah pengetahuan/keterampilannya. Sedangkan lokakarya mengundang peserta untuk bekerja dalam kelompok dan menyusun hasil bersama

Pengertian Semiloka

Semiloka adalah akronim dari seminar dan lokakarya sehingga semiloka merupakan gabungan acara seminar dan lokakarya.

Semiloka sendiri adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul di suatu tempat untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.

Pertemuan atau persidangan biasanya menampilkan satu atau beberapa pembicaraan dengan makalah atau kertas kerja masing-masing. Biasanya diadakan untuk membahas suatu masalah secara ilmiah. Yang berpartisipasi pun orang yang ahli dalam bidangnya

Demikian Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi yang diolah dari berbagai sumber. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Seminar, Lokakarya, Simposium, Workshop, Semiloka, Pelatihan, Diskusi
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Sunday, June 24, 2018

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Subscribe via Email
Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network