Cara Membagi Posting Blog Menjadi Dua Halaman

Cara Membagi Posting Blog Menjadi Dua Halaman
Cara Membagi Posting Blog Menjadi Dua Halaman untuk Wordpress dan Blogspot.

Posting atau tulisan di blog jangan terlalu panjang, juga jangan terlalu pendek. Begitu kata para pakar blog dan media online.

Tips SEO Blog juga mengatakan demikian. Maka, bagi posting blog Anda menjadi dua halaman/bagian!

Jika bahasan Anda banyak sehingga tulisan menjadi panjang, bagi saja menjadi dua-tiga posting, dengan judul yang sama, dan dikasih (Bagian 1) dan (Bagian 2) di akhir tiap judul posting.

Detik.com juga suka membagi dua jika beritanya ada yang panjang banget. Ada tombol "Next" di bagian pertama berita dan "Halaman 1, 2, ..." di bawahnya.

Kata sih, pembagian posting menjadi dua bagian atau lebih tersebut sangat baik untuk SEO Blog, yaitu untuk "Increase Pageviews and Reduce Bounce Rate", biar user bisa berlama-lama di blog kita yang otomatis "direkam" Google. Rekaman itu nanti akan menjadi patokan untuk mengindeks dan memeringkat blog kita.

Ah, mau satu tulisan saja, dalam satu judul saja! Boleh. Masih ada cara membagi posting blog yang panjang itu menjadi dua bagian atau lebih.

Untuk Blog WordPress

Untuk blog WordPress SelfHosting (wordpress.org), Anda tinggal memasukkan kode <!--nextpage--> di tengah-tengah posting atau di bagian pertama tulisan (jika postingnya dibagi dua bagian/halaman). Nantinya, di bawah bagian pertama akan muncul "Page 1" dan "Page 2".

Jika tidak berfungsi, berarti template WP Anda tidak mendukungnya. Maka, solusinya, gunakan plugin: Splitter. Plugin WP ini "Automatically split a post into pages by adding a `nextpage` tag, with html validity maintenance" (secara otomatis membagi posting kedalam beberapa bagian (halaman) dengan menambahkan tag "nextpage" dalam kode html).

Untuk Blog Blogspot

Untuk membagi posting di blog Blogspot agak rumit. Silakan simak dan praktikkan tutorialnya di referensi no 4 dan 5 di bawah ini. Good Luck!  (www.komunikasipraktis.com).*

Referensi:
  1. http://www.wpbeginner.com/wp-tutorials/how-to-split-wordpress-posts-into-multiple-pages/
  2. http://www.blogherald.com/2007/06/14/split-long-posts-into-multiple-pages-in-wordpress/
  3. http://codex.wordpress.org/Styling_Page-Links
  4. http://www.rushlywritten.com/2011/09/how-to-split-paginate-long-blog-post-in.html
  5. http://www.triposoft.com/2014/05/paginate-long-post-blogger.html

7 Comments

  1. oil lintah papuaMarch 09, 2014

    thx gan, buat posting jadi 2 bagian halaman

    ReplyDelete
  2. Kalau diblogger bisa ga ya ?

    ReplyDelete
  3. iya bisa, sama aja, itu kan kode HTML....

    ReplyDelete
  4. Artikel bagus Gan Kebetulan Saya lagi Blog Walking neh Eh nemu Disini tutornya Thank's Dah Share :D

    ReplyDelete
Previous Post Next Post