Daftar Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Daftar Arti, Makna, Pengertian, atau Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Daftar Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli
ISTILAH komunikasi (communication) didefinisikan dengan berbagai sudut pandang dan redaksi.

Para ahli "tidak kompak" dalam mendefinisikan istilah yang berakar kata Latin communicatio (berpartisipasi, memberitahukan), communicatus (berbagi, milik bersama), dan communis
(milik bersama, berlaku di mana-mana) ini.

Masing-masing pakar komunikasi memberikan sesuai dengan perspektif dan sudut pandangnya. Namun, ada kesamaan dalam definisi mereka, yaitu komunikasi menyangkut masalah "penyampaian dan penerimaan pesan" (message delivering and receiving). 

Definisi komunikasi yang paling populer dikemukakan Harold Lasswel. Dalam definisinya, Lasswell menyebutkan pula unsur-unsur komunikasi:
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).

Daftar Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Dari berbagai sumber dan literatur komunikasi, berikut ini daftar Daftar Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli:

1. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi. (Shannon & Weaver)

2. Komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator. (Raymond S. Ross).

3. Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. (Alo Liliweri).

4. Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain. (Carl I.Hovland).

5. Komunikasi adalah Proses memahami dan berbagi makna (Judy C pearson & Paul Emelson).

6. Komunikasi adalah proses makna diantara dua orang atau lebih. (Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss). 

7.  Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.(William I. Gordon).

8. Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide-ide, seseorang kepada orang lain. (M. Djenamar. SH).

9. Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu-individu.(William Albig).

10. Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal. (Murphy & Mendelson).

11. Komunikasi merupakan sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi. (Drs. Redi Panuju, MSi).

12. Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal. (Hoben).

13. Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan  berubah sesuai dengan situasi yang berlaku. (Anderson).

14.  Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. (Barnlund).

15. Komunikasi adalah upaya yang  bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya. (Lexicographer).

16. Komunikasi adalah proses dengan mana simbol verbal dan nonverbal di kirimkan, diterima, dan diberi arti. (William J. Seller).

17. Komunikasi adalah  penggunaan lambang-lambang (symbols) untuk mencapai kesamaan makna atau  berbagi informasi tentang satu objek atau kejadian. Informasi disampaikan diterima secara akurat, receiver akan memiliki informasi yang sama seperti yang dimiliki sender, oleh karena itu tindak komunikasi telah terjadi. (Colin Cherry).

18. Komunikasi adalah perilaku verbal atau simbolik di mana sender berusaha mendapatkan satu efek yang dikehendakinya pada receiver. (BF. Skinner).

19. Komunikasi adalah adanya satu respons melalui lambang-lambang verbal di mana simbol verbal tersebut bertindak sebagai stimuli untuk memperoleh respons. (FEX Dance).

20.  Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media) (Onong Uchjana Effendy).

21. Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka. (Gerald R. Miller)

22. Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (Everett M. Rogers).

23. Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima. (New Comb).

24. Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb. (Bernard Barelson & Garry A. Steiner).

25. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan. (Forsdale).

Sumber
  1. Rogers, Everett. M, & Shoemaker F. Flaoyd. 1971, Communication of Inovation. London: Free Press Macmillan Publishing. 
  2. Onong Effendy Uchajana. 1990. Ilmu Komunikasi, Teori dan Parktek. PT Remaja Rosda Karya, Bandung. 
  3. Deddy Mulyana, 2002, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosda Karya Bandung.

Post a Comment

Previous Post Next Post