Pembawa Acara: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Related Posts

Pembawa Acara - Pengertian dan Jenis-Jenisnya
Pembawa Acara (PA) adalah sebutan umum bagi orang yang memandu atau membawakan sebuah acara, seperti perayaan, peringatan, pertemuan, lomba, diskusi, seminar, termasuk acara di radio dan televisi.

Pembawa acara identik dengan MC, namun emsi bukan satu-satunya pembawa acara.

Acara sendiri, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah "kegiatan yangg dipertunjukkan, disiarkan, atau diperlombakan", termasuk acara (programa) di radio dan televisi.

Dalam UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan, pasal 24, Pembawa Acara disebutkan sebagai salah satu kelengkapan dan perlengkapan melaksanakan upacara bendera dalam Acara Kenegaraan atau Acara Resmi.

Download: UU NO. 9 THN 2010 TTG KEPROTOKOLAN

Pengertian Pembawa Acara

Menurut KBBI, pembawa acara disebut pewara dan pranatacara. Pewara artinya pembawa acara dalam suatu upacara, pertemuan, dan sebagainya. Pranatacara artinya sama dengan pembawa acara dan pewara.

Mungkin karena secara khusus diatur dalam UU, maka istilah Pembawa Acara lebih merujuk pada orang yang memandu jalannya acara kenegaraan dan acara resmi.

Menurut UU tersebut, Acara Kenegaraan yaitu acara yang bersifat kenegaraan yang diatur dan dilaksanakan secara terpusat, dihadiri oleh Presiden dan/atau Wakil Presiden serta pejabat negara dan undangan lain dalam melaksanakan acara tertentu.

Acara resmi yaitu acara yang bersifat resmi, diatur dan dilaksanakan oleh pemerintah atau lembaga tinggi negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi tertentu dan dihadiri oleh pejabat negara dan/atau pejabat pemerintah serta undangan lainnya.

Jenis-Jenis Pembawa Acara

Jenis-jenis pembawa acara berikut ini dalam pengertian pembawa acara secara luas, yaitu orang-orang yang memandu jalannya sebuah acara atau kegiatan.

Pembawa acara membutuhkan keterampilan (skills) public speaking, yaitu berbicara di depan umm atau berbicara kepada orang banyak.

Berikut ini jenis-jenis pembawa acara dalam pengertian umum.

1. Master of Ceremony (MC)

MC adalah pemandu acara-acara informal, seperti acara hiburan (misalnya
konser musik), perayaan ulang tahun, resepsi pernikahan, dan sebagainya.


MC mengarahkan, memandu jalannya acara tahap demi tahap. Biasanya MC adalah untuk acaranya yang bersifat off air.

Baca: Teknik MC

2. Pembawa Acara (PA)

Disebut juga "Pewara", yaitu pemandu sebuah acara formal/seremonial. Tugasnya sama dengan MC, namun di acara seremonial atau acara formal instansi atau acara kenegaraan.

3. Host

Host adalah sebutan umum bagi pembawa acara, khususnya acara televisi dan radio. Host dalam bahasa Inggris berarti "tuan rumah".

Biasanya pada acara televisi yang mendatangkan bintang tamu, pemandu acaranya disebut host, seperti acara talkshow. Penyiar radio juga sering disebut host, yaitu radio host.

pembawa acara


4. Presenter

Secara bahasa, presenter artinya "penyaji" atau "penampil", yaitu orang yang menampilkan sebuah acara atau pertunjukan. Orang yang melakukan presentasi juga disebut presenter.

Di Indonesia, presenter identik dengan penyiar televisi (TV Presenter). Penyiar radio juga disebut presenter, yaitu radio presenter. Tugas presenter adalah menyajikan atau menghadirkan (to present) sebuah acara (program siaran).

Presenter TV yaitu orang yang mempersembahkan, membawakan, memandu, atau menyajikan sebuah acara televisi, seperti progam berita (news presenter, penyaji berita), acara musik, talkshow, quiz, dan sebagainya.

5. Moderator

Moderator adalah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu jalannya acara diskusi, dialog, debat, seminar, workshop, atau lokakarya. Ia menjadi "penengah" dan mengatur lalu-lintas pembicaraan.

6. Penyiar

Penyiar adalah orang yang memandu acara siaran radio dan televisi. Namun, di Indonesia, penyiar identik dengan penyiar radio.

Penyiar disebut juga Radio Announcer, Radio Host, Radio Personality, atau Radio DJ (Disk Jockey), yaitu orang yang memandu atau membawakan sebuah acara (program) siaran radio, misalnya siaran berita, siaran musik, siaran talkshow, dan sebagainya. 

6. Announcer

Announcer secara bahasa artinya orang yang mengumumkan. Istilah announcer sering diterjemahkan sebagai dan identik dengan penyiar radio (radio announcer).

Ada satu profesi yang khusus disebut announcer, tapi bukan penyiar, yaitu orang yang bertugas mengumumkan (to announce) beragam informasi di sebuah "audio land" supermarket, pameran, bazar, atau pemandu di arena balapan.

Orang yang mengumumkan petinju atau pegulat yang akan bertarung juga disebut announcer. Pada umumnya Announcer dikategorikan sebagai profesi penyiar radio atau televisi. 

Demikian Pembawa Acara: Pengertian dan Jenis-Jenisnya. Wasalam. (www.komunikasipraktis.com).*

Sumber
  • Asep Syamsul M. Romli. 2008. Kiat Memandu Acara: Teknik MC & Moderator. Bandung: Nuansa Cendikia.
  • Asul Wiyanto, Prima K.Astuti. 2004. Terampil Membawa Acara. Jakarta: Grasindo
  • Satrio Wuryanto. 1992. Pengetahuan tentang Protokoler di Indonesia. Yogyakarta:Liberty

» Thanks for reading: Pembawa Acara: Pengertian dan Jenis-Jenisnya   edit post
Previous
« Prev Post
Komunikasi Praktis Updated at: Thursday, April 11, 2019

0 comments:

Post a Comment

Komentar Spam dan yang menyertakan alamat blog atau link aktif tidak akan muncul.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright © Komunikasi Praktis. All rights reserved. New Johny Wuss Template by Contoh Blog & Maskolis
Web Partners: Romeltea Media - Blog Romeltea - Risalah Islam - Info Bandung. Member of BATIC Media Network